Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Cara Mengajarkan Merawat Diri pada Anak Usia Dini

Ajaklah anak Anda untuk menggosok gigi, membaca buku dan berjalan-jalan di lingkungan sekitar agar mereka tetap aktif secara fisik.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 April 2021  |  08:31 WIB
Ajaklah anak bermain dan lakukan kegiatan yang mengajarkan anak untuk merawat dirinya. - ilustrasi
Ajaklah anak bermain dan lakukan kegiatan yang mengajarkan anak untuk merawat dirinya. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Meluangkan waktu untuk merawat pikiran dan tubuh adalah komponen penting dari hidup bahagia dan sehat, sejak usia kecil.

Sangat penting bagi setiap orang tua untuk mengajarkan hal yang sama kepada anak-anaknya. Menanamkan kebiasaan perawatan diri kepada anak-anak pada usia muda, akan untuk membantu mereka menghadapi masa depan.

Mengutip dari Times of India, Rabu (7/4/2021), kebiasaan merawat diri akan mengurangi masalah kesehatan mental seperti stres, depresi dan kecemasan saat anak tumbuh dewasa. Kebiasaan merawat diri yang sederhana dapat dimulai pada usia berapa pun.

Berikut cara mudah menanamkan kebiasaan perawatan diri pada anak sejak usia dini:

1. Mulailah dengan dasar-dasarnya

Apakah Anda membantu anak Anda menyikat gigi dan mandi? Apakah Anda menyuruhnya makan makanan sehat? Jika ya, Anda sudah mulai meletakkan dasar untuk perawatan diri yang baik.

2. Kembangkan pikiran mereka

Jelaskan kepada anak Anda mengapa istirahat dari layar atau mainan itu penting. Biarkan mereka untuk beberapa saat di mana mereka tidak melakukan apa-apa. Kegiatan yang mempromosikan kesadaran penuh seperti yoga dan meditasi sangat berhasil dalam meningkatkan wawasan, kesadaran, dan tingkat toleransi.

3. Dorong tubuh

Aktif secara fisik adalah bagian dari rutinitas perawatan diri. Jelaskan kepada anak-anak Anda bagaimana menjaga pikiran dan tubuh mereka harus selalu menjadi prioritas pertama mereka.

Anda dapat membuat anak-anak bergabung dengan olahraga tim atau sekadar mengajak mereka berjalan-jalan di lingkungan sekitar agar mereka tetap aktif secara fisik.

4. Waktu henti harus menjadi prioritas

Rutinitas yang memiliki waktu tenang dan menyendiri penting dan bermanfaat bagi semua orang. Menghabiskan beberapa menit di kursi goyang sambil membaca, bernyanyi dapat memberikan kesempatan untuk keterpusatan dan koneksi.

5. Bacalah buku tentang kebiasaan perawatan diri yang sehat

Anak-anak suka dibacakan buku dan mereka sering suka membaca buku yang sama berulang kali jika mereka menyukainya. Beri mereka buku perawatan diri tentang topik seperti menyikat gigi, makan sehat, dan berpakaian.

Saat Anda membacakan buku untuk anak Anda, ajukan pertanyaan, tanggapi pertanyaan mereka dan diskusikan semua hal yang berkaitan dengan topik tersebut.

6. Patuhi rutinitas waktu tidur yang normal

Rutinitas waktu tidur yang teratur memberi tahu tubuh dan pikiran anak Anda bahwa inilah waktunya untuk beristirahat dan bersiap untuk tidur. Rutinitas waktu tidur harus mencakup tiga-empat aktivitas yang menenangkan seperti masuk ke PJ, menyikat gigi, mandi air hangat, dan membaca.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cinta anak kesehatan anak parenting
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top