Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Hobi Musik Tetap Tumbuh, Casio EMI Rambah Bisnis E-Commerce

Pertumbuhan e-commerce yang semakin pesat saat ini menginspirasi PT Kairos Multi Jaya sebagai Distributor resmi CASIO EMI di Indonesia untuk merambah bisnis e-commerce dengan menggandeng Blibli.com dengan menghadirkan ‘CASIO Music Indonesia Official Store’ sebagai kanal penjualan resmi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 07 April 2021  |  20:26 WIB
Casio
Casio

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mendorong para pelaku usaha untuk mengubah strategi bisnis agar dapat bertahan, salah satunya melalui peralihan ke ranah pasar digital.

Pertumbuhan e-commerce yang semakin pesat saat ini menginspirasi PT Kairos Multi Jaya sebagai Distributor resmi CASIO EMI di Indonesia untuk merambah bisnis e-commerce dengan menggandeng Blibli.com dengan menghadirkan ‘CASIO Music Indonesia Official Store’ sebagai kanal penjualan resmi.

Athanasius Cahyo Budiono, Director of Sales PT Kairos Multi Jaya menjelaskan bahwa pihaknya dan CASIO EMI terus melakukan inovasi untuk mengikuti tren yang berkembang saat ini dan terus berupaya memberikan manfaat lebih bagi konsumen maupun reseller CASIO EMI.

"Bisnis di ranah E-Commerce jadi kebiasan baru setelah pandemi setahun terakhir. Kerjasama ini semakin mempermudah dan memperluas peluang pemasaran secara digital produk CASIO EMI di Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/4).

Athanasius menuturkan bahwa perubahan strategi bisnis yang terjadi dengan adanya layanan di e-commerce telah memotong banyak mata rantai bisnis sehingga jarak produsen dan distributor dengan konsumen menjadi lebih dekat.

Pada kesempatan yang sama, Takuto Kimura Chief Representative Casio Singapore Pte., Ltd., Jakarta Representative Office, menuturkan bahwa di tengah pandemi perilaku pasar menjadi penentu bagaimana brand melakukan pendekatan ke konsumen.

Sebagian besar industri terdampak oleh pandemi namun untuk kebutuhan musik permintaannya tidak berubah dan justrtu mengalami kenaikan khususnya pada segmen hobi.

"Pandemi ternyata menumbuhkan keinginan orang-orang untuk menikmati musik dengan belajar alat musik. Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi semua orang yang ingin menikmati musik di rumah," ujar Kimura.

Sejak dibuka pada Desember 2020, sudah ada sekitar 25 dealer terpilih yang bergabung di CASIO Music Indonesia Official Store dengan mengusung 12 produk / SKU awal (stock keeping unit) atau yang hot item/ paling favorit di pasaran yang ditawarkan di Blibli.com.

Untuk saat ini terdapat 12 hot item dari 4 seri produk CASIO EMI yang ditawarkan di Casio Music Indonesia Official Store yang meliputi CT-X Series, Casiotone serta PX-S dan CDP-S Series.

- CASIO CT-X merupakan salah satu seri keyboard arranger terbaik dari CASIO EMI yang terdiri atas empat tipe yaitu CT-X700, CT-X800, CT-3000, dan CT-X5000. Keseluruhan type CT-X dibekali dengan teknologi AiX (Acoustic Intelligent eXpression) sebagai chipset-nya, yang berfungsi untuk menghasilkan kualitas dan ekspresi suara yang sangat mirip dengan instrument aslinya.

- Casiotone adalah Smart Keyboard yang terdiri dari empat tipe yaitu CT-S100, CT-S200, CT-S300, dan LK-S250. Seri Keyboard portabel ini juga menyasar pengguna yang baru tertarik untuk belajar keyboard. Khususnya dengan tipe LK-S250, pengguna akan sangat terbantu belajar keyboard berkat fitur lighted keys.

- CASIO PX-S dan CDP-S yang merupakan smart piano digital 88 tuts dengan desain ramping dan ringan. Tentu ini merupakan sebuah inovasi hebat, bahkan seri PX-S dinobatkan sebagai piano digital paling ramping di dunia. Ada dua seri yang ditawarkan untuk masing-masing seri di Casio Music Indonesia Official Store, yaitu PX-S1000 dan PX-S3000 serta CDP-S100 dan CDP-S350.

Meskipun perusahaan sedang mendorong bisnis e-commerce, untuk konsumen yang ingin mendapatkan pengalaman langsung mencoba alat musik CASIO bisa datang ke dealer fisik atau ke Experience Center CASIO yang berlokasi di Surabaya.

Di masa mendatang, produk yang ditawarkan di Casio Music Indonesia Official Store akan lebih bervariasi, sehingga konsumen dapat merasakan pengalaman yang menyenangkan dalam membeli keyboard maupun piano digital CASIO EMI.

Adapun tren penjualan tahun ini diperkirakan akan mengalami sedikit perlambatan namun diharapkan permintaan untuk alat musik setelah lonjakan di tahun 2020.

"Alat musik profesional mungkin akan tetap mengalami stagnansi selama live music belum berjalan normal. Tetapi untuk alat musik akustik dan elektrik serta audio tools kami lihat tidak akan turun drastis," tutur Cahyo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik ecommerce
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top