Webtoon/Antara
Fashion

Simak 8 Daftar Situs Baca Komik Legal

Hanafi Nurmahdi
Kamis, 8 April 2021 - 16:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pecinta komik, ada kalanya saat sedang mencari situs ataupun aplikasi baca komik online di mesin pencarian, maka akan menemukan berbagai macam situs komik digital.

Tapi. tahukah kalian kalau sebagian besar situs tersebut adalah situs ilegal? Konten yang biasa disediakan adalah hasil ‘scanlation, di mana mereka men-scan komik dan menerjemahkannya ke dalam berbagai bahasa tanpa izin kreator asli komik tersebut.

Ini merupakan tindakan pembajakan intelektual atas karya komik dari para kreator komik. Mereka membuat komik dengan penuh tekad dan perjuangan untuk bisa menghasilkan karya dengan sedemikian populer dan membanggakan.

Bagi kalian yang ingin mengapresiasi karya para komikus, kalian bisa membaca hasil karya mereka di situs baca komik legal. Berikut daftar web atau situs yang bisa dikunjungi dengan aman dan mudah bagi pecinta komik:

1. Shonen Jump

Shonen Jump atau Weekly Shonen Jump adalah salah satu majalah manga mingguan yang paling populer dan tertua di Jepang. Majalah tersebut juga hadir dalam versi digital dan isinya sama seperti Weekly Shonen Jump edisi buku.

Untuk bisa mengakses situs ini, pengguna harus berlangganan setidaknya sekitar Rp30.000 setiap bulannya. Dengan harga tersebut, pembaca bisa mendapatkan bahan bacaan lebih dari 10.000 chapter manga populer.

2. Comic Walker

Jika ingin mencari situs legal untuk membaca manga secara gratis, Comic Walker bisa menjadi pilihan. Comic Walker diluncurkan pada tahun 2014 oleh penerbit manga terkenal Kadokawa. Situs ini juga menyediakan fitur tambahan seperti Fav yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses kembali manga kesukaan kalian.

3. Crunchy Roll

Situs ini juga menyediakan streaming anime terkenal. Biaya berlangganan Crunchy Roll perbulannya sekitar Rp100.000 dan pengguna bisa membaca manga dengan legal dan tanpa iklan.

aplikasi baca komik gratis crunchy roll
aplikasi baca komik gratis crunchy roll

4. Book Walker

Website yang dibentuk oleh Kadogawa ini, juga menerbitkan manga dari komikus lain. Seperti, Viz, Kodansha, dan lain sebagainya. Book Walker juga bisa diakses lewat browser serta versi aplikasinya dalam bentuk mobile. Situs ini mudah digunakan karena manga akan disusun berdasarkan genre, kategori, dan juga penerbit.

5. Manga Mon

Ini adalah situs untuk membaca dan juga belanja manga online secara legal yang dibuat oleh Indonesia. Situs Manga Mon juga lumayan lengkap, karena pengguna bisa mengetahui informasi perihal manga maupun anime dari situs ini. Bagi penutur bahasa Indonesia, Manga Mon bisa menjadi pilihan

6. Webtoon

Webtoon adalah layanan komik digital gratis yang memungkinkan kita untuk menikmati bacaan yang beragam dari komikus luar negeri maupun dalam negeri. Webtoon bisa diakses melalui web maupun aplikasi yang tersedia di AppStore juga Google Play Store.

7. KakaoPage

KakaoPage menggunakan sistem poin yang nantinya bisa ditukar untuk membeli koin dan membaca komik. Sama seperti Webtoon, koleksi dari KakaoPage juga sudah ada yang diadaptasi dalam bentuk drama, seperti Itaewon Class. KakaoPage juga dilengkapi dengan fitur unduh, jadi bisa dibaca secara offline.

aplikasi baca komik gratis
aplikasi baca komik gratis

8. Manga Toon

Nah yang satu ini juga bisa jadi pilihan. Komik ini menyuguhkan pilihan terjemahan dengan ragam bahasa seperti Bahasa Indonesia, Mandarin, Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Thailand, dan Vietnam. Juga terdapat aplikasinya baik di Google Play maupun App Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro