Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan Pencegah Gerd atau Asam Lambung Naik

Kondisi kesehatan ini disebabkan karena berbagai alasan seperti pola makan yang tidak tepat, makanan kaya asam, kurang tidur, dll. Isi perut seperti makanan dan asam lambung dialirkan kembali dari perut ke kerongkongan. Ini menyebabkan refluks asam dan mulas. LES (lower esophageal sphincter), serat otot mencegah makanan kembali ke pipa makanan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 April 2021  |  12:46 WIB
Asam lambung perlu diwaspadai.  -  Bisnis/ nurul hidayat
Asam lambung perlu diwaspadai. - Bisnis/ nurul hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Refluks asam adalah kondisi kesehatan umum yang disertai dengan mulas dan keasaman di pagi hari. Juga dikenal sebagai penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Kondisi kesehatan ini disebabkan karena berbagai alasan seperti pola makan yang tidak tepat, makanan kaya asam, kurang tidur, dll. Isi perut seperti makanan dan asam lambung dialirkan kembali dari perut ke kerongkongan. Ini menyebabkan refluks asam dan mulas. LES (lower esophageal sphincter), serat otot mencegah makanan kembali ke pipa makanan.

Jika LES Anda lemah, maka dapat menyebabkan refluks asam. Makanan pedas, cokelat, soda, keju, gorengan, minuman berkarbonasi, susu, buah jeruk, kafein, tomat, dan teh adalah beberapa makanan umum yang menyebabkan refluks asam. Jika Anda menderita refluks asam, menghindari makanan ini akan sangat membantu.

Namun, ada banyak makanan yang dapat mencegah naiknya asam lambung secara alami. Alih-alih mengonsumsi sirup dan pil popping, Anda dapat menenangkan jantung yang terbakar dan mencegah naiknya asam lambung dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Misalnya, jahe dapat mencegah sebagian besar asam lambung dan mulas. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang melindungi Anda dari kondisi gastrointestinal. Ada banyak cara makan jahe. Anda bisa membuatnya mentah dengan madu atau merebusnya dalam air untuk dijadikan jus.

Anda juga bisa menambahkan jahe ke dalam smoothie atau membumbui hidangan. Perhatikan makanan lain yang baik untuk mencegah naiknya asam lambung.

Berikut daftar makanan pencegah asam lambung naik dilansir dari Boldsky:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan tersehat yang dapat mencegah naiknya asam lambung. Mereka mudah dicerna dan yang terpenting, oatmeal menyerap keasaman dari perut.

2. Jahe

Sifat anti-inflamasi dan kemampuan pencernaan jahe membuatnya sehat untuk mengobati refluks asam dan mulas. Jika Anda sering mengalami mulas atau refluks asam, konsumsi jahe.

3. Kentang

Jus kentang adalah obat alami untuk refluks asam. Minum jus kentang adalah perawatan buatan sendiri untuk keasaman dan refluks.

4. Nanas

Buahnya memiliki kandungan bromelain yang banyak mengandung enzim pencernaan. Bromelain dapat mengurangi refluks asam dan mencegahnya.

5. Pisang

Konsumsi pisang yang matang untuk menenangkan tenggorokan dan jantung yang terbakar. Jangan minum minuman apa pun selama satu jam berikutnya. Buah tropis akan menenangkan luka bakar dan mengobati keasaman.

6. Blewah

Makanan kaya kalium seperti melon dan ubi jalar bagus untuk mengobati refluks asam secara alami.

7. Seafood

Seafood terutama ikan yang terkenal bisa mengobati sakit maag. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi mulas dan refluks secara alami.

8. Wortel

Akar seperti wortel dan sayuran hijau seperti kubis dan brokoli baik untuk mengurangi refluks asam dan kondisi kesehatan terkait seperti mulas dan keasaman.

9. Bayam

Sayuran berdaun hijau mudah dicerna dan menyerap asam di perut. Makanlah bayam rebus untuk memanfaatkan sayuran hijau ini dengan sebaik-baiknya dalam diet refluks asam Anda.

10. Seledri

Sayuran hijau sangat kaya akan kandungan air. Ini mengurangi kemungkinan keasaman. Selain itu, seledri sangat rendah kalori, jadi konsumsi ini dalam diet refluks asam Anda.

11. Beras merah

Anda mengira beras menyebabkan keasaman, tetapi beras merah dan millet adalah makanan sehat untuk mencegah naiknya asam lambung. 

12. Parsley

Ini adalah makanan sehat lainnya yang dapat dimasukkan ke dalam diet acid reflux Anda. Ini digunakan sebagai ramuan obat untuk membantu pencernaan dan mengobati kondisi keasaman.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat asam lambung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top