Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

5 Gejala Diabetes yang Tidak Disadari

Diabetes adalah kondisi penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Ini disebabkan karena tubuh tidak cukup memproduksi hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin yang membantu mengubah gula dalam darah menjadi energi itu.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 12 April 2021  |  19:26 WIB
5 Gejala Diabetes yang Tidak Disadari
Cek kadar gula darah - mirror.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala dibetes bervariasi pada setiap orang. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari mereka memiliki kondisi pemicu beragam komplikasi penyakit mematikan tersebut.

Diabetes adalah kondisi penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Ini disebabkan karena tubuh tidak cukup memproduksi hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin yang membantu mengubah gula dalam darah menjadi energi itu.

"Diabetes adalah penyakit kronis dan progresif," tulis situs kesehatan Healthline, Senin (12/4/2021).

Untuk mencegah diabetes, penting untuk menjaga tingkat gula darah yang sehat dan penting untuk mengenali gejalanya. Akan tetapi memang gejala awal diabetes tidak sama untuk semua orang. Beberapa orang mengembangkan tanda-tanda kondisi tersebut, sedangkan yang lain mengalami gejala langka.

Berikut gejala diabetes yang kurang dikenali :

1. Penglihatan kabur

Gejala diabetes yang langka seperti memiliki penglihatan kabur atau mata bengkak. Beberapa pasien kesulitan untuk fokus pada objek tertentu. 

2. Kulit lebih gelap di leher 

Bercak kulit yang gelap dan beludru dapat muncul di lipatan kulit. Ini disebabkan oleh tingkat insulin yang tinggi dalam darah, yang mendorong reproduksi sel dengan cepat. 

3. Pusing 

Beberapa penderita diabetes mungkin sering merasa pusing tanpa alasan yang jelas. 

4. Disfungsi seksual

Pria dapat mengalami disfungsi ereksi jika memiliki gula darah tinggi yang disebabkan oleh kerusakan saraf dan pembuluh darah. Sementara itu wanita mungkin memiliki libido lebih rendah dari biasanya. 

5. Gatal 

Anda mungkin merasa gatal lebih sering dari biasanya jika Anda menderita diabetes yang tidak terdiagnosis. Gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan serabut saraf di tubuh, paling sering di tangan dan kaki. Ini akan terasa seolah-olah Anda memiliki kesemutan yang gigih.

Gejala diabetes yang paling umum termasuk rasa haus yang tak terpadamkan, buang air kecil lebih banyak dari biasanya, dan merasa sangat lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top