Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anak Alergi Susu, Bund? Ini Saran Ahli

Perkembangan anak dengan baik membutuhkan asupan gizi seimbang. Namun seringkali ada anak yang alergi susu. Padahal susu adalah salah satu protein nabati yang berperan penting untuk tumbuh kembang.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 15 April 2021  |  20:20 WIB
Susu cair. Susu bukanlah satu-satunya protein hewani yang baik untuk tubuh.  - Morinaga
Susu cair. Susu bukanlah satu-satunya protein hewani yang baik untuk tubuh. - Morinaga

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan anak dengan baik membutuhkan asupan gizi seimbang. Namun seringkali ada anak yang alergi susu. Padahal susu adalah salah satu protein nabati yang berperan penting untuk tumbuh kembang.

Ketua Pokja Antropometri Kementerian Kesehatan dan Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik RSCM, Prof. Damayanti R. Syarif mengatakan para orang tua tidak perlu terlalu panik akan masalah tersebut. Alergi susu lumrah terjadi pada anak, namun bukan berarti anak harus kekurangan protein hewani.

"Jika anak alergi susu jangan panik. Masih ada aneka jenis makanan yang mengandung protein hewani yang baik untuk tubuh. Tidak masalah jika mencari pengganti nutrisi yang setara dengan susu," katanya secara virtual pada acara Media Scientific Session and Frisian Flag Primagro Launch, Kamis (15/4/2021).

Damayanti mengatakan susu bukanlah satu-satunya protein hewani yang baik untuk tubuh. Ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan anak alergi susu. Dan, saat ini telah banyak teknologi yang membuat susu dengan modifikasi khusus anak yang alergi.

Disarankan pula untuk memeriksakan terlebih dahulu keadaan anak apakah alergi tersebut bisa diatasi. Dengan begitu akan dicari alternatif yang tepat.

"Agar anak tidak malnutrisi, periksalah terlebih dahulu apakah benar anak tersebut alergi. Jika benar, jangan paksa anak untuk tetap konsumsi susu. Meskipun penting, susu bukanlah yang terpenting,"tutup Damayanti.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

susu formula air susu ibu
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top