Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Mencegah Maag Saat Puasa agar Ibadah Puasa Lancar

Berikut 5 tips untuk mencegah maag kambuh saat puasa
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 19 April 2021  |  18:22 WIB
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan suci Ramadan merupakan bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim untuk memperbanyak ibadah, seperti sholat, mengaji, berdzikir dan berpuasa. Agar bisa menjalankan ibadah dengan baik, Anda perlu mengetahui tips mencegah maag saat puasa. Pasalnya tubuh sangat penting dijaga, terlebih di tengah pandemi covid 19 yang belum usai seperti saat ini

Maag bisa menjadi halangan untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui tips mencegah maag saat puasa. Adapun gejala maag yang bisa dirasakan mulai dari mual, sakit perut, dada perih dan kembung. Kondisi tersebut bisa mengharuskan Anda untuk batal puasa.

5 Tips Mencegah Maag Saat Puasa

Jika Anda memiliki penyakit maag, jangan khawatir, karena Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dengan menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa. Adapun berikut ini merupakan 5 tips mencegah maag saat puasa yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dan Cairan Tubuh

Ketika berpuasa, Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman apapun dari subuh hingga waktu berbuka, yaitu adzan maghrib. Agar kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh tetap terpenuhi, Anda harus mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi ketika sahur dan berbuka. Adapun makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, air putih yang cukup serta makanan untuk penderita maag yang baik.

2. Jangan Langsung Tidur setelah sahur

Ketika sahur, mungkin Anda akan merasakan rasa kantuk yang luar biasa. Meski begitu, Anda harus tetap sahur agar tubuh tetap fit dan menghindari maag ketika berpuasa. Setelah makan sahur, disarankan jangan langsung tidur lagi, karena hal ini menyebabkan refluks asam dan tidak baik bagi kesehatan tubuh, serta beresiko terlewatnya shalat subuh karena ketiduran. Jika ingin tidur, minimal tunggu 2-3 jam setelah makan sahur.

3. Hindari Makanan yang Memicu Maag

Pastikan Anda tidak mengkonsumsi makanan penyebab maag ketika sahur dan buka puasa. Hindari makanan berlemak seperti mie dan pasta, karena hal tersebut bisa meningkatkan peradangan selaput lambung. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari makanan pedas seperti mustard, cabe rawit, saus sambal, karena hal tersebut memperburuknya gejala gastritis. Hindari makanan yang digoreng, Anda bisa mengolah makanan dengan cara dikukus atau direbus.

4. Hindari Stress

Selain menjaga kesehatan fisik, Anda juga perlu menjaga kesehatan mental, dengan cara menghindari stress berlebihan. Pasalnya stres menjadi salah satu penyebab meningkatnya gejala maag. Hal ini dikarenakan stres bisa memperparah mulas, dan rasa panas dalam perut bisa membuat pikiran kacau. Oleh sebab itu, hilangkan pikiran negatif agar stress berkurang dan mencegah maag kambuh saat puasa.

5. Istirahat yang Cukup

Tips mencegah maag saat puasa selanjutnya yaitu dengan istirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar. Pasalnya waktu tidur berpengaruh pada imunitas tubuh. Anda dapat mengganti waktu tidur malam yang berkurang dengan tidur siang.

Itulah 5 tips mencegah maag saat puasa yang bisa Anda lakukan. Untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa, Anda bisa berbelanja di shopee. Pasalnya shopee menyediakan berbagai produk dengan lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda. Apalagi saat ini shopee sedang mengadakan promo Shopee Big Ramadan Sale

Shopee Big Ramadan Sale merupakan promo shopee yang digelar sejak 7 April hingga 11 Mei. Promo ini sangat sayang dilewatkan karena Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik dan menguntungkan, mulai dari game goyang berkah mendapatkan 10M, harga produk murah lebay dan COD Gratis Ongkir Rp0.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan Puasa tips puasa bugar shopee
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top