Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menciptakan Kebahagiaan di Tengah Pandemi dengan Berbagi

Perilaku berbuat baik dan membantu orang lain tersebut akan mengaktifasi jalur mesolimbik yang bertanggung jawab terhadap bagian reward di otak.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 20 April 2021  |  09:22 WIB
Ilustrasi - Dailymail
Ilustrasi - Dailymail

Bisnis.com, JAKARTA - Mencapai kebahagiaan selama pandemi ternyata tidak lah sulit. Cukup dengan berbagi.

Menurut Psikolog klinis, Tara de Thouars berbagi tidak harus dalam bentuk materi, tapi bisa juga dalam bentuk senyuman, ucapan, pelukan dan bahkan hal sederhana seperti menanyakan kabar.

Perilaku berbuat baik dan membantu orang lain tersebut akan mengaktifasi jalur mesolimbik yang bertanggung jawab terhadap bagian reward di otak. "Sehingga saat berbuat baik pada orang lain, otak akan mengeluarkan kimiawi perasaan happy,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (20/4/2021).

Sementara itu, dia menuturkan arti kebahagiaan mengalami perubahan di masa pandemi ini. Selama ini, kita akan merasa happy saat mencapai sebuah standar yang kita tentukan.

Akan tetapi Tara mengatakan dengan berbagai keterbatasaan karena pandemi, kita perlu belajar untuk bisa menerima keadaan dan lebih bersyukur, bukan berarti pasrah.

Dia menegaskan bahwa hidup dipenuhi dengan berbagai pilihan. Selama masa pandemi kita dapat memilih untuk mengeluh, bersedih dan menyalahkan situasi, atau sebaliknya yakni bisa membuat happy choice atau pilihan yang menyenangkan seperti menerima keadaan dengan sikap yang positif, menemukan hobi baru, menghubungi teman lama, berhubungan secara virtual, ataupun berbagi dengan orang lain.

"Saat memasuki masa next normal sekarang ini, jangan lupakan happy choice yang sudah dibuat selama satu tahun ini, dan terus lanjut bersikap positif," tuturnya.

Senior Brand Manager Wall’s Bernardus Rendita Kusumo mengatakan pihaknya percaya bahwa kebahagiaan adalah hak semua orang. Kebahagiaan yang sesungguhnya pun tercipta saat kita membuat orang lain bahagia.

Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan Wall’s selama masa pandemi di 12 negara, termasuk Indonesia. Bernardus menyebut survei tersebut menunjukkan bahwa berbagi hal-hal kecil dengan orang di sekitar ternyata terbukti bisa membawa kebahagiaan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Berdasaekan survei itu, Wall’s pun mengajak masyarakat Indonesia untuk membuat happy choice dengan kampanye #BerbagiJadiHappy.

Wall’s bekerja sama dengan Benih Baik untuk berbagi kebahagiaan dengan membagikan 29.000 es krim gratis selama bulan Ramadan untuk para pahlawan Covid-19 yang sering terlupakan, seperti pengemudi ambulans, satpam rumah sakit, dan penggali kubur.

Selain itu, konsumen katanya juga dapat berbagi kebahagiaan dengan mengirimkan hampers Sultan Viennetta yang tersedia selama Ramadhan secara online di Jakarta, Bandung, Tangerang, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

"Yuk bersama-sama kita #BerbagiJadiHappy dengan orang-orang di sekitar kita dan mewujudkan Indonesia yang lebih happy," tutup Bernardus.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

berbagi kekayaan tips bahagia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top