Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Cara Mengenal Diri Sendiri dan Memahami Kepribadian Anda

Apa yang sebenarnya Anda sukai, baik dari karir atau gaya hidup, kadangkala kita buat berdasarkan pendapat orang lain, seperti anggota keluarga dan teman kita.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 April 2021  |  15:41 WIB
Perempuan - istimewa
Perempuan - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selalu dikelilingi oleh opini dan suara orang lain, dapat membuat Anda merasa tersesat dan bingung.

Kadangkala, hal itu membuat kita sulit membuat pilihan, bahkan untuk mengenal diri kita sendiri lebih baik.

Apa yang sebenarnya Anda sukai, baik dari karir atau gaya hidup, kadangkala kita buat berdasarkan pendapat orang lain, seperti anggota keluarga dan teman kita.

Semua keputusan kita dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita, Pada saat seperti itu, mengetahui diri kita sendiri bisa menjadi sebuah tantangan.

Kita dapat dengan mudah bingung antara apa yang kita inginkan dan apa yang diinginkan orang dari kita. Adalah normal pada saat-saat seperti itu, kehilangan nilai dan keinginan inti kita. Ada saatnya kita ingin mengenal diri sendiri lebih baik untuk mengetahui siapa kita sebenarnya dan apa yang sebenarnya kita inginkan.

Berikut 4 cara untuk lebih mengenal diri sendiri dan memahami kepribadian Anda seperti dilansir dari pinkvilla:

1. Ketahui kekuatan dan kelemahan Anda

Untuk mengetahui diri Anda lebih baik, penting untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda. Amati dan nilai bidang yang Anda kuasai dan bidang yang kurang Anda miliki. Ini tidak hanya akan membantu Anda dalam menentukan tujuan hidup Anda, tetapi juga akan membantu Anda dalam mengidentifikasi keterbatasan Anda dan mengatasinya.

2. Tangani dan analisis pikiran Anda

Perhatikan pikiran bawah sadar dan analisis serta amati setiap pikiran yang muncul di benak Anda. Pertanyakan keyakinan, ide, dan proses berpikir Anda untuk mengetahui diri Anda lebih baik dan untuk mengetahui apa yang Anda inginkan dari kehidupan.

3. Buat jurnal

Membuat jurnal dan menuliskan pikiran Anda setiap hari dapat membantu Anda mengenal diri sendiri. Anda dapat dengan mudah terlibat dalam refleksi diri dan mengetahui pola pikir dan proses berpikir Anda. Ini juga membantu Anda dalam membaca reaksi Anda dan mengenali ide dan tujuan Anda.

4. Tentukan nilai inti Anda

Nilai inti Anda mencakup daftar nilai yang penting bagi Anda dan yang Anda ikuti dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menentukan nilai-nilai inti Anda, Anda akan dapat menguji moral, cita-cita, dan keyakinan Anda. Ini dapat membantu Anda dalam membuat pilihan karier dan memutuskan tujuan serta prioritas hidup Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips Kepribadian
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top