Tips memilih jam tangan sesuai karakter
Fashion

Tips Memilih Jam Tangan Sesuai Karakter

Dewi Andriani
Jumat, 30 April 2021 - 18:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Perjalanan perkembangan jam tangan berawal dari keperluan akan fungsi, kemudian berkembang menjadi simbol status sosial, serta fesyen dan gaya hidup.

Hendra Kusuma, CEO Radatime mengatakan bahwa saat ini, kebutuhan jam tangan di Indonesia didominasi oleh tipe sport, fesyen, formal dan casual.

Untuk Pria, model sport, casual dan formal cukup mendominasi sedangkan untuk wanita didominasi oleh model fesyen dan formal.

"Pada awalnya, jam tangan lebih dianggap seperti perhiasan, dengan ukuran yang tidak besar dan bernuansa formal. Seiring perkembangan fesyen dan gaya hidup, tren jam tangan bergeser ke ukuran yang lebih besar dan model yang lebih bervariasi," terangnya.

Bahkan tak jarang wanita terlihat memakai ukuran jam tangan pria. Begitu juga untuk jam tangan pria, ukuran diameter 42 milimeter - 50 milimeter adalah yang paling laris.

Hendra mengatakan hal tersebut lebih dikarenakan fungsi jam tangan saat ini yang lebih dominan sebagai alat komunikasi non-verbal, status atau identitas sang pemakai.

Dalam penggunaannya, jam tangan identik dengan kepribadian sang pemakai karena itulaj, jam tangan yang paling tepat adalah yang bisa mengoptimalkan kepribadian sang pemakai di level yang lebih tinggi.

"Tips memilih jam tangan adalah jam tangan yang sesuai dengan kepribadian sang pemakai dan harus mendengar kata hati diri sendiri," tutur pemilik akun radatime.id ini.

Misalnya, kepribadian tertutup akan cenderung memiliki ukuran yang tidak besar dan tidak mencolok.

Sementara itu, orang yang memiliki karakter lebih diam atau kurang percaya diri bisa mencoba untuk memilih jam tangan yang berukuran lebih besar atau lebih bervariasi dari bentuk atau warna. Dengan catatan sang pemakai memang bertujuan untuk meningkatkan karakter tersebut.

Acuan pemilihan warna dasar muka jam (dial) juga bisa merepresentasikan karakter seseorang.

Bagi mereka yang memiliki karakter dominasi atau mungkin sedikit tertutup cenderung memilih warna dasar muka yang gelap.

Sementara itu, mereka yang memiliki karakter yang lebih terbuka, supel, mudah beradaptasi, transparan atau suka menjadi pusat perhatian umumnya cenderung memilih warna dasar muka yang terang.

"Jam tangan yang paling tepat adalah jam tangan yang bisa mengoptimalkan kepribadian sang pemakai di level yang lebih tinggi," papar Hendra Kusuma.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa jam tangan merupakan sebuah instrumen yang bisa dipakai untuk jangka waktu yang sangat panjang sehingga cukup lumrah sebuah jam tangan berkualitas tinggi dipakai di atas 10 tahun.

"Akan lebih bermakna lagi apabila pemilihan jam tangan tidak berpatokan dengan harga yang termurah," tutupnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro