Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Cara Mengatasi Masalah Rumah Tangga Agar Tidak Bercerai

Konselor Pernikahan dari Konselingkeluarga.com Elly Nagasaputra mengatakan ada 4 cara dalam peyelesaian masalah pada rumah tangga.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  14:51 WIB
Ilustrasi perceraian - divorce/online.co.uk
Ilustrasi perceraian - divorce/online.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Mempertahankan pernikahan bukan sesuatu yang mudah. Apalagi ketika rumah tangga dipenuhi masalah.

Konselor Pernikahan dari Konselingkeluarga.com Elly Nagasaputra mengatakan ada 4 cara dalam penyelesaian masalah pada rumah tangga.

Pertama kata Elly adanya kesadaran untuk menyelesaikan masalah yang timbul. Ketika suami atau istri merasa ada hal yang tidak membuat nyaman atau senang, maupun tidak sependapat, sekecil apapun itu harus diselesaikan.

"Ketika ada maslaah sekecil apapun suami istri, harus memiliki kebiasaan dan kesepakatan untuk menyelesaikan persoalan yang ada," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa (4/5/2021).

Kedua, tidak menyelesaikan permasalahan tersebut dengan emosi. Pasalnya jika tidak menggunakan kepala dingin, permasalahan itu akan semakin besar.

Ketiga, ketika tidak menemui titik temu atas permasalahan dalam pernikahan tersebut, bisa berkonsultasi dengan konselor pernikahan.

Keempat, yakni harus memiliki semangat daya juang. Tidak gampang menyerah dan selalu memikirkan perceraian. "Itu bukan sesuatu yang baik apalagi kalau sudah punya anak, komplikasinya kasian ke anak," tegasnya.

Elly menlai masyarakat dewasa ini terlalu sepele menganggap selisih paham antara suami dan istri. Namun ketika permasalahan tersebut sudah menumpuk, dan sulit terselesaikan, baru kemudian mereka panik dan akhinya memilih jalan cerai. 

Oleh karena itu, kesadaran menyelesaikan masalah menjadi penting, kemudian berkomunikasi dengan logika, mencari titik temu menjadi penting. "Jangan gampang menyerah ketika pernikahanmu bermasalah," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bill gates pernikahan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top