Pisang dan susu/istimewa
Health

Wow! 4 Buah Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Newswire
Jumat, 7 Mei 2021 - 21:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah di pembuluh arteri secara konsisten terlalu tinggi.

Jika tidak diatasi segera, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan peredaran darah, seperti serangan jantung atau stroke.

Dilansir dari Express.co.uk, hipertensi bisa dikelola dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu ke dalam menu makanan.

Saat memilih buah-buahan terbaik untuk membantu mengatasi hipertensi, pilihlah yang tinggi kalium. Kalium menurunkan tekanan darah karena dapat melawan efek berbahaya natrium (garam).

The American Heart Association (AHA) menjelaskan semakin banyak kalium yang Anda makan, semakin banyak natrium yang hilang melalui urin. Kalium juga membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, yang selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut 4 jenis buah yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi seperti dikutip dari Tempo.co:

1. Blueberry
Blueberry adalah sumber vitamin C dan K serta mangan yang baik. Buah dapat membantu mencegah penyumbatan arteri sekaligus membantu menyingkirkan radikal bebas berbahaya yang berasal dari oksigen, ini penting untuk melindungi tubuh dari penyakit dan banyak lagi.

2. Semangka
Obesitas dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Satu studi menunjukkan semangka secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah pada individu yang kelebihan berat badan baik saat istirahat maupun saat sedang stres.

"Tekanan pada aorta dan jantung menurun setelah mengonsumsi ekstrak semangka," kata penulis studi Asisten Profesor Arturo Figueroa.

3. Pisang
Pisang memiliki kadar lemak jenuh rendah, kolesterol sehat, natrium, dan juga sangat kaya kalium. Menurut Third National Health and Nutrition Examination Survey, asupan kalium makanan yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah secara signifikan.

Pisang juga merupakan sumber serat makanan, mangan, dan vitamin C dan B-6 yang baik dan yang terbaik dari semuanya adalah hampir selalu pada musimnya. Namun, ada orang yang perlu berhati-hati dengan kalium seperti orang dengan penyakit ginjal.

4. Alpukat
Alpukat mengandung vitamin A, B, C, E, dan K dan dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 dan asam oleat yang dapat ditemukan dalam alpukat merupakan bagian integral untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

Kadar homosistein yang tinggi mungkin merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Alpukat membantu menurunkan level ini berkat banyaknya vitamin B-6 dan asam folat. Buah ini juga rendah kolesterol, sumber serat makanan yang baik, mengandung 727mg kalium dan hanya 10,5mg natrium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro