Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada di Indonesia, Mutan Virus Corona B.1617.2 Naik Level Variant of Concern, Apa Artinya?

Sebelumnya ada empat varian yang menjadi perhatian di Inggris yakni varian asal Afrika Selatan, Brasil, dan Bristol. Tetapi strain yang lebih baru dari India sedang meningkat dan telah dinamai varian baru yang menjadi perhatian
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 Mei 2021  |  14:17 WIB
Varian virus corona - istimewa
Varian virus corona - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Mutan virus corona asal India B1617 dinyatakan naik level menjadi "varian yang menjadi perhatian" atau varian of concern oleh oleh Public Health England (PHE).

Artinya, varian ini dianggap lebih menular dan perlu perhatian lebih lanjut untuk menekannya.

Sebelumnya ada empat varian yang menjadi perhatian di Inggris yakni varian asal Afrika Selatan, Brasil, dan Bristol. Tetapi strain yang lebih baru dari India sedang meningkat dan telah dinamai varian baru yang menjadi perhatian

Perubahan terjadi setelah kasus meningkat lebih dari dua kali lipat dalam waktu seminggu di Inggris.

Diperkirakan setidaknya ada 48 kelompok kasus yang terkait dengan varian khusus ini, sebagian besar disebabkan oleh perjalanan, dengan kasus yang dilaporkan di sekolah, panti jompo dan tempat ibadah di North West (sebagian besar Bolton) dan London.

Ada beberapa varian yang berasal dari India, tetapi strain B1617.2 dinilai paling mengkhawatirkan. PHE telah mengonfirmasi B1617.2 sekarang menjadi varian yang menjadi perhatian pada 7 Mei.

Data awal menunjukkan ada 202 kasus varian B1617.2, 193 kasus varian B1617.1 dikonfirmasi, dengan 61 kasus lebih dikonfirmasi sejak itu, dan lima kasus varian B1617.3. Pada 7 Mei, PHE mengkonfirmasi kasus B1617.2 telah melonjak hingga 520 dalam waktu seminggu. Hampir separuh kasus terkait perjalanan atau kontak dengan seorang musafir.

Menurut dokumen internal PHE, risiko berkelanjutan terhadap kesehatan masyarakat dari varian subtipe B1617.2 adalah "tinggi".

Varian paling dominan di Inggris masih varian B117 (disebut juga varian Kent).

Apa itu variant of concern?

Ada sekitar satu hingga dua mutasi SARS-CoV-2 per bulan, yang berarti ribuan mutasi telah berkembang sejak virus pertama kali muncul.

“Sebagian besar mutasi ini tidak berpengaruh pada perilaku virus tetapi kadang-kadang mutasi terjadi yang mengubah seberapa cepat virus menyebar, seberapa menularnya atau bahkan tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya,” kata Profesor Lawrence Young, seorang ahli virus. dan ahli onkologi molekuler dari Warwick Medical School dilansir dari Huffingtonpost.

“Kemudian virus menjadi varian yang menjadi perhatian.” Apakah varian India lebih mudah ditularkan?

Bukti menunjukkan varian ini setidaknya dapat ditularkan seperti B117 (varian Kent). Ciri-ciri lain dari varian ini masih diselidiki.

Dr Deepti Gurdasani, seorang ahli epidemiologi klinis dan dosen senior di Queen Mary University of London, mengatakan “dengan tingkat penggandaan saat ini, [B1617.2] dapat dengan mudah menjadi dominan di London pada akhir Mei atau awal Juni.

Apakah vaksin bekerja melawan varian?

Sejauh ini tidak ada bukti bahwa varian B1617.2 dapat menghindari imunitas vaksin dan para ahli kesehatan mengatakan mereka "belum melihat petunjuk apa pun" dari varian Covid saat ini yang dapat sepenuhnya menghindari keefektifan vaksin, yang menjanjikan.

Ada juga bukti yang tidak cukup untuk menunjukkan bahwa salah satu varian yang baru-baru ini terdeteksi di India menyebabkan penyakit yang lebih parah.

PHE mengatakan sedang melakukan pengujian laboratorium, bekerja sama dengan akademisi dan mitra internasional, untuk lebih memahami dampak mutasi terhadap perilaku virus.

Sementara itu, dr penyakit dalam Adaninggar mengatakan subvarian B1.617.2 India ini resmi jadi Variant of Concern (VOC), artinya sudah ada bukti ilmiah bahwa varian ini “merugikan”, yaitu ternyata kecepatan penularannya hampir sama dengan varian Inggris (B117) dan kedua varian ini sudah ada di Indonesia

Selama suatu varian tidak menjadi dominan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Oleh karena itu, jangan sampai kedua varian ini menjadi dominan. Jangan biarkan mereka menyebar dengan cepat dari suatu superspreader event apalagi ini ada momen yang sangat berisiko yaitu momen liburan dan lebaran.

Ini pentingnya kita mengetahui informasi tentang varian virus supaya kita bisa mengambil langkah pencegahan. Tetap lakukan protokol kesehatan kapanpun saat anda berinteraksi dengan orang lain, hindari dan jangan membuat suatu kerumunan, dan selalu dukung vaksinasi untuk membantu mencegah penyebaran dari varian-varian ini supaya tidak menjadi dominan

"Sudah banyak pengingat kenaikan kasus dari negara-negara tetangga kita, jangan sampai kita mengulang kesalahan mereka. Hanya orang bodoh yang jatuh di lubang yang sama. Yuk bisa yuk. Tetap aman dan terkendali. Amin. Tetap waspada dan jangan lengah," sarannya di akun instagramnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top