Ilustrasi/Hipvie
Health

7 Cara Ini Bisa Jaga Kadar Gula Darah Tetap Normal, Cegah Diabetes

Newswire
Minggu, 9 Mei 2021 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kadar gula darah dalam tubuh perlu dijaga dalam batas normal agar tidak menyebabkan gangguan atau penyakit.

Sebagai informasi, kadar gula darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam tubuh. Maka itu perlu menjaga gula darah agar tidak terlalu tinggi maupun rendah.

Dilansir dari Tempo.co pada Minggu (9/5/2021), yang mengutip Healthline, terdapat 7 cara menjaga gula darah tetap normal. Tujuh cara jaga gula darah tetap normal ini bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan. Sebab, kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menimbulkan masalah pada tubuh, salah satunya jadi pencetus diabetes.

Berikut langkah untuk menjaga gula darah tetap normal: 

Olahraga
Olahraga meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu otot menggunakan glukosa secara efektif, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah. Bentuk olahraganya termasuk angkat beban, jalan cepat, lari, bersepeda, menari, hiking, berenang, dan lain-lain.

Mengelola Asupan Karbohidrat
Karbohidrat merupakan salah satu zat yang akan dipecah tubuh menjadi glukosa yang dapat mendorong peningkatan kadar gula darah. Agar gula darah tetap dalam batas normal, Anda bisa melakukan diet karbohidrat. Diet ini turut berguna mengatur kadar gula darah jangka panjang.

Tingkatkan Asupan Serat
Makanan yang banyak mengandung serat dapat membantu memanajemen gula darah, sebab serat sangat mudah diserap tubuh. Makanan kaya akan serat termasuk sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dianjurkan asupan serat untuk wanita perharinya 25 gram, sedang untuk pria 38 gram.

Cukupi Asupan Air Putih
Mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang mana manfaatnya dapat menurunkan kadar gula darah, dan risiko diabetes. Air membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin.

Menerapkan Kontrol Porsi Makanan
Mengontrol porsi makanan agar tak berlebihan dapat membantu menjaga berat badan ideal Anda, sebab berat badan berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah.

Mengelola Stres
Mengelola tingkat stres dengan olahraga, yoga, meditasi atau relaksasi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan baik. Selain itu, relaksasi seperti yoga turut membantu memperbaiki masalah sekresi insulin pada diabetes kronis.

Tidur Cukup dan Berkualitas
Tidur yang cukup dan nyenyak dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap sehat. Sebab tidur yang buruk dapat mengganggu hormon metabolik kritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro