Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk., Ira Noviarti secara simbolis menyerahkan unit kabinet pendingin vaksin kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa (11/5/2021). /Unilever Indonesia
Health

Unilever Indonesia Donasi 1.400 Kabinet Pendingin Vaksin

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 11 Mei 2021 - 21:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mendukung kesuksesan program vaksinasi Covid-19, Unilever Indonesia mendonasikan 1.400 kabinet pendingin vaksin. Dukungan ini merupakan tahap ke-II dari inisiatif Unilever Untuk Indonesia yang diluncurkan 2020.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk., Ira Noviarti mengatakan bahwa untuk dapat keluar dari krisis pandemi ini membutuhkan gotong royong, dan pihaknya bersyukur dapat terus menjalankan peran mendukung upaya pemerintah Indonesia yang kali ini berfokus pada kesuksesan pelaksanaan vaksinasi.

"Semoga 1.400 unit kabinet pendingin baru yang kami kontribusikan dapat membantu kelancaran distribusi vaksin dan mengakselerasi langkah kita bersama menuju Indonesia Bangkit,” ungkapnya melalui keterangan pers, Selasa (11/5/2021).

Ada tiga pilar dukungan yang disampaikan melalui program Unilever Untuk Indonesia tahap II ini, yaitu logistik, edukasi masyarakat, dan keselamatan karyawan.

Pilar edukasi masyarakat dimulai sejak program vaksinasi lansia diluncurkan, dan terus berlanjut selaras dengan tahapan berikutnya. Pilar keselamatan karyawan akan dikomunikasikan sejalan dengan perkembangan program vaksinasi Gotong Royong. Pilar logistik adalah kontribusi kabinet pendingin baru yang diserah-terimakan secara simbolik.

Saat ini pemerintah terus menggenjot ketersediaan dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dan salah satu tantangannya adalah dalam hal penyimpanan. Perlu dipastikan setiap dinas kesehatan di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota serta fasilitas kesehatan memiliki tempat penyimpanan yang mencukupi.

Terlebih lagi dengan jumlah vaksin yang menurut rencana tersedia dalam volume yang semakin besar, terutama mulai Juli 2021.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, implementasi public private partnership atau kemitraan pemerintah-swasta sangat dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 di masa sekarang ini, utamanya untuk mendorong laju kesuksesan program vaksinasi.

Salah satu yang perlu ditindaklanjuti adalah sehubungan dengan penyimpanan di setiap fasilitas kesehatan, tempat penyimpanan harus cukup besar dan mumpuni untuk menjaga kualitas vaksin agar pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan semakin lancar.

"Kami mengapresiasi donasi kabinet pendingin baru dari Unilever Indonesia yang sangat membantu upaya kami menyiapkan ketersediaan kapasitas penyimpanan vaksin sekaligus memastikan bahwa mutu dan keamanan vaksin juga dapat dipertanggungjawabkan,” tutup Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro