Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makna dan Detail Gaun Komodo Ayu Maulida di Ajang Miss Universe 2020

Kostum bertema Komodo Dragon: Warisan Prehitstoris Indonesia adalah hasil kresi kolaborasi perancang busana Diana M Putri dari label Diana Couture dan perancang akseoris Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 14 Mei 2021  |  16:57 WIB
Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida, mencuri perhatian di  ajang Miss Universe berkat kostum unik bertajuk Komodo Dragon, Kamis (13/5/2021). - Instagram @ayumaulida97
Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida, mencuri perhatian di ajang Miss Universe berkat kostum unik bertajuk Komodo Dragon, Kamis (13/5/2021). - Instagram @ayumaulida97

Bisnis.com, JAKARTA - Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida, mencuri perhatian di ajang kontes kecantikan dunia Miss Universe berkat kostum unik bertajuk Komodo Dragon.

Tak main-main, kostum yang dikenakan Ayu pada ajang Miss Universe 2020 di Florida, Amerika Serikat (AS), Kamis (13/5/2021) mencapai panjang 3 meter dengan berat lebih dari 150 kilogram.

Kostum bertema Komodo Dragon: Warisan Prehitstoris Indonesia adalah hasil kresi kolaborasi perancang busana Diana M Putri dari label Diana Couture dan perancang akseoris Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

Dara bernama asli Raden Roro Ayu Maulida Puteri itu mengungkapkan melalui Instagram pribadinya @ayumaulida97, kostum tersebut sangat berkaitan erat dengan Indonesia.

"Komodo adalah kadal paling berat di Bumi.  Mereka hidup di kepulauan Sunda Kecil Indonesia selama jutaan tahun,  Komodo sering disebut sebagai spesies terakhir Dinosaurus Prasejarah," tulisnya, Jumat (14/5/2021).

Kostum tersebut  dirancang dengan potongan siluet yang tegas membetuk gaun elegan. Pada bagian ujung gaun  berbentuk  mermaid yang memiliki ujung menyerupai buntut komodo.

Kemudian diperkaya dengan detail payet 3D berwarna hitam dan warna keemasan. Perpaduan tersebut  menciptakan efek glamor, enigmatis, serta sarat nuansa eksotis nan liar yang mirip dengan Komodo.

Pada bagian  dada terdapat detail 3 D  dramatis yang diciptakan dengan Leather Lasercutting dan diwarnai dengan metode khusus untuk menyerupai komodo.

Lalu, efek 3 D dari ekor seamakin hidup dengan dengan bantuan boning. Semua ornamen rancangan buatan tangan.

Ayu juga menjelaskan, bahwa Yuling Hoo dan Silvy Prajogo  selaku perancang aksesoris memilih 3 jenis logam berbeda yang digabungkan menjadi warna menakjubkan, yaitu logam dari warna ini emas rustik, tembaga atau perunggu, dan warna emas hitam untuk menimbulkan efek ombre pada gaun.

Akan tetapi, yang paling rumit, menurut Ayu, adalah karena  kostum tersebut  berhubungan dengan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik dan mikrokontroler.

Kemudian kalung dan sarung tangan yang menyala dikenakannya dibuat untuk pengontrol LED.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

puteri indonesia miss universe komodo
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top