Bayam/boldsky.com
Health

6 Sayuran Ini Bisa Tingkatkan Imun dan Percepat Pemulihan dari Covid-19

Novita Sari Simamora
Senin, 24 Mei 2021 - 21:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virus corona (Covid-19) memiliki sasaran utama untuk melemahkan sistem kekebalan tubuh. Namun, ada beberapa  jenis sayuran yang bisa memulihkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip dari Pink Villa, Senin (24/5/2021), ada 6 sayuran yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun dan sistem kekebalan tubuh. Berikut 6 sayuran tersebut:

1. Bayam

Bayam memiliki nutrisi yang  luar biasa seperti vitamin A, B, C, E, K, kalsium, zat besi, dan beta-karotenoid. Bayam adalah salah satu sayuran tersehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Sayuran berdaun hijau mengandung zat besi, folat, lutein, dan Omega-3, mengonsumsi bayam dapat membantu membangun otot dan mendapatkan kembali energi yang hilang. Anda bisa makan bayam mentah atau memasukkannya ke dalam smoothie, dal, atau sabzi untuk kesenangan sehari-hari.

2. Jahe

Manfaat jahe sebagai antispasmodik, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus menjadikannya sebagai penguat kekebalan tubuh yang utama dan diiperkaya dengan antioksidan.

Jahe membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dan mengobati penyakit menular. Anda bisa memasukkan jahe mentah, atau memasukkannya ke dalam kadha, teh, atau sabzi.

3. Brokoli

Brokoli adalah pembangkit tenaga penuh nutrisi yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Sayuran ini juga kaya vitamin C, beta-karoten, seng, magnesium, kalium, dan glutathione.

Brokoli juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Anda bisa menikmati sayuran hijau mentah atau memasukkannya ke dalam sup atau makanan.

4. Kacang panjang

Makan lebih banyak buncis baik mentah atau dimasak untuk meningkatkan asupan zat besi, mineral penting yang membentuk sebagian besar hemoglobin. Mengonsumsi zat besi dapat mendukung metabolisme dan membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel energi, sehingga tubuh tetap aktif dan sehat. 

5. Paprika

Paprika mengandung lebih banyak antioksidan daripada buah jeruk yang membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk makanan. Paprika juga mengandung konsentrasi tinggi karoten, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, dan kalium, jadi sertakan dalam makanan Anda untuk pemulihan lebih cepat.

6. Kedelai

Kedelai kaya akan isoflavon modulator kekebalan dan agen anti-inflamasi yang membuatnya sempurna untuk meningkatkan kesehatan usus. Mengonsumsi kedelai akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan cara meningkatkan kadar kolesterol darah dalam tubuh.

Makan sayuran berwarna sebanyak mungkin, minum banyak air, dan olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro