Hipertensi. /Bisnis.com
Health

4 Tanda Fisik Tekanan Darah Tinggi Anda Berbahaya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 26 Mei 2021 - 10:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, umumnya dicap sebagai "silent killer" karena tidak memiliki gejala.

Namun, jika Anda mengalami urgensi hipertensi, Anda mungkin mengalami banyak gejala akut. Apa itu hipertensi urgensi?

Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum di mana tekanan darah yang mendorong dinding arteri cukup kuat untuk menyebabkan robekan pada lapisannya.

Ketika ini terjadi, zat lilin yang disebut kolesterol dapat masuk ke dalam arteri, suatu mekanisme yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Sayangnya, biasanya tidak ada gejala yang mengingatkan Anda akan proses berbahaya ini.

Namun, urgensi hipertensi dapat memicu perubahan yang nyata dalam tubuh. Urgensi hipertensi adalah peningkatan tekanan darah yang nyata tanpa bukti kerusakan organ.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension berusaha memetakan gejala yang terkait dengan hipertensi urgensi. Studi tersebut mengevaluasi prevalensi hipertensi urgensi di unit gawat darurat selama 12 bulan observasi.

Tanda yang paling sering diamati adalah sakit kepala, epistaksis (mimisan), pingsan, dan agitasi psikomotor.

Psikomotor mengacu pada berbagai tindakan yang melibatkan gerakan fisik yang terkait dengan pemrosesan kognitif sadar.

Namun, dalam kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi jarang menghasilkan gejala yang nyata. "Jadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda mengidapnya adalah dengan memeriksakan tekanan darah Anda," jelas NHS dilansir dari Express.

Menurut NHS, Anda juga dapat menguji tekanan darah Anda di rumah menggunakan alat penguji di rumah.

"Seperti pemantauan 24 jam atau rawat jalan, ini dapat memberikan refleksi yang lebih baik dari tekanan darah Anda."
Bagaimana membalikkan pembacaan tekanan darah tinggi

Untungnya, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah dibalik dengan membuat perubahan gaya hidup sederhana. Salah satu intervensi paling sederhana namun efektif yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi asupan garam Anda.

Action on Salt, sebuah kelompok yang peduli dengan garam dan pengaruhnya terhadap kesehatan, menjelaskan: "Diet tinggi garam mengganggu keseimbangan natrium alami dalam tubuh."

Seperti yang dijelaskan oleh tubuh kesehatan, hal ini menyebabkan tubuh menahan air, yang meningkatkan tekanan mendorong darah ke dinding pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro