Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AS Izinkan Obat Darurat Covid-19 : Sotrovimab

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengizinkan penggunaan darurat obat antibodi yang dikembangkan oleh Vir Biotechnology dan GlaxoSmithKline untuk mengobati Covid-19 ringan hingga sedang pada usia 12 tahun ke atas.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  09:51 WIB
Gedung GlaxoSmithKline. Regulator obat Uni Eropa pekan lalu mendukung penggunaan Sotrovimab untuk pasien Covid-19 yang berisiko mengalami penyakit parah dan tidak membutuhkan oksigen tambahan.  - Bloomberg
Gedung GlaxoSmithKline. Regulator obat Uni Eropa pekan lalu mendukung penggunaan Sotrovimab untuk pasien Covid-19 yang berisiko mengalami penyakit parah dan tidak membutuhkan oksigen tambahan. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengizinkan penggunaan darurat obat antibodi yang dikembangkan oleh Vir Biotechnology dan GlaxoSmithKline untuk mengobati Covid-19 ringan hingga sedang pada usia 12 tahun ke atas.

"Dengan otorisasi pengobatan antibodi monoklonal ini, kami memberikan opsi lain untuk membantu mencegah pasien berisiko tinggi dengan Covid-19 keluar dari rumah sakit," kata Patrizia Cavazzoni, M.D., Direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat FDA, Rabu (26/5/201).

Ia menilai penting untuk memperluas gudang terapi antibodi monoklonal yang diharapkan dapat mempertahankan aktivitas melawan varian Covid-19 yang beredar di Amerika Serikat.

Obat antibodi Sotrovimab tidak diperuntukkan bagi pasien Covid-19 rawat inap atau pasien yang membutuhkan terapi oksigen.

Sotrovimab masuk kelas yang disebut antibodi monoklonal, yang meniru antibodi alami yang dihasilkan tubuh untuk melawan infeksi.

Obat antibodi Sotrovimab akan tersedia bagi pasien Covid-19 dalam beberapa pekan mendatang, kata GSK dan Vir, menambahkan bahwa mereka berencana mengajukan permohonan pemasaran kepada FDA pada paruh kedua 2021.

Pengobatan Covid-19 serupa, yang dikembangkan Regeneron Pharmaceuticals dan Eli Lilly, telah diizinkan untuk penggunaan darurat di AS.

Regulator obat Uni Eropa pekan lalu mendukung penggunaan Sotrovimab untuk pasien Covid-19 yang berisiko mengalami penyakit parah dan tidak membutuhkan oksigen tambahan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anak Balita Obat Covid-19
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top