Ilustrasi pengecekan kadar gula darah terhadap penderita diabetes melitus/Reuters
Health

Ternyata Jintan Hitam & Pare Bermanfaat bagi Penderita Diabetes

Newswire
Sabtu, 29 Mei 2021 - 21:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dokter Danar Wicaksono dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito, Yogyakarta, mengatakan bahwa jintan hitam dan pare memiliki beberapa manfaat untuk penderita diabetes, antara lain mengurangi kadar glukosa dalam darah hingga membantu produksi insulin dalam tubuh.

“Jadi jintan hitam atau yang dikenal dengan habbatussauda itu memiliki zat bernama Thymoquinone. Zat ini bisa membantu mengurangi kadar glukosa darah yang menjadi penyebab dari terjadinya diabetes,” kata dokter Danar dalam sebuah seminar di Jakarta, Sabtu (29/5/2021).

Danar menjelaskan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti bernama Reza Mohebbati pada 2020, yakni penderita diabetes yang mengonsumsi ekstrak jintan hitam ditemukan kadar glukosa yang terkandung dalam darah mengalami penurunan yang lebih baik jika dibandingkan pasien yang mengonsumsi obat-obatan.

Selain mengurangi kadar glukosa di dalam darah, jintan hitam juga berfungsi sebagai imunomodulator yang meningkatan sistem imun tubuh dengan lebih baik lagi.

“Selanjutnya bahan alami yang juga memiliki manfaat baik bagi penderita diabetes adalah pare,” kata dokter Danar.

Dokter yang aktif di media sosial itu pun menyebutkan bahwa pare sudah lama digunakan untuk pengobatan bagi penderita diabetes.

Pare yang telah diekstrak untuk pengobatan diabetes memiliki manfaat meningkatkan produksi insulin dengan cara menstimulasi pankreas lewat zat bernama Charantin.

Insulin dibutuhkan oleh penderita diabetes agar dapat menurunkan kadar glukosa di dalam tubuh yang tidak terolah menjadi sumber energi.

Dengan banyaknya manfaat baik dari jintan hitam juga pare, dokter Danar mendorong para penderita diabetes dapat memanfaatkan keduanya untuk memperbaiki metabolisme tubuh yang terganggu akibat penumpukan gula darah di dalam tubuh itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro