Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Perawatan Kulit Wajah untuk Pemula, Cuma 3 Langkah!

Berikut urutan perawatan kulit wajah (basic skincare routine) untuk pemula yang dirangkum Bisnis.com. Ternyata cuma butuh 3 langkah, lho!
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  16:11 WIB
Ilustrasi perawatan kulit wajah - Howtodomyhair
Ilustrasi perawatan kulit wajah - Howtodomyhair

Bisnis.com, JAKARTA – Merawat kulit merupakan salah satu kebutuhan bagi wanita, terutama kulit wajah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah dengan menggunakan produk perawatan kulit atau skincare.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, skincare harus diaplikasikan dengan urutan yang tepat. Ada berbagai macam teknik atau metode yang dapat Anda gunakan. Salah satunya teknik 10 langkah skincare ala Korea Selatan.

Namun, bagi Anda yang baru memulai mencoba produk-produk kecantikan, Anda dapat menggunakan metode perawatan kulit utama atau basic skincare.

Berikut urutan perawatan kulit atau basic skincare routine untuk pemula yang dirangkum Bisnis.com. Ternyata cuma butuh 3 langkah, lho!

1. Bersihkan Wajah
Urutan pertama dalam perawatan kulit dimulai dengan membersihkan wajah. Anda perlu membersihkan wajah dari kotoran, riasan, minyak berlebih, sel kulit mati yang muncul secara alami sepanjang hari.

“Kulit kita bersentuhan dengan polutan lingkungan, kotoran, dan faktor lain setiap hari yang harus dihilangkan dengan hati-hati,” jelas dokter Kulit asal New York Carlo Charles seperti dikutip, Senin (31/05/2021).

Charles menuturkan Anda sebaiknya memilih pembersih yang lembut dan menghidrasi. Hindari menggunakan pembersih wajah dengan kandungan alkohol, parfum dan paraben agar tidak iritasi. Anda dapat mencuci dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghindari pori-pori tersumbat, kusam dan berjerawat.

2. Gunakan Pelembab
Langkah kedua, Anda perlu menggunakan pelembab atau moisturizer untuk menjaga kulit tetap terhidrasi serta terasa lebih lembut.

“Pada dasarnya, pelembab membantu mencegah kehilangan air melalui lapisan luar kulit,” papar dokter Charles.

Untuk Anda yang baru memulai, cobalah cari pelembab dengan bahan ringan atau tidak mengandung bahan aktif seperti centella asiatica, ekstrak lidah buaya, dan lainnya.

3. Oleskan Tabir Surya
Langkah terakhir adalah menggunakan tabir surya (sunscreen). Tabir surya dapat digunakan setelah menggunakan pelembab. Pilihlah tabir surya dengan minimal SPF 30 PA+++.

Ahli merekomendasikan agar Anda menggunakan tabir surya 30 menit sebelum kulit wajah terpapar sinar matahari. Jangan lupa untuk mengoleskan kembali atau re-apply sunscreen setidaknya setiap dua jam sekali.

“Penggunaan tabir surya setiap hari dan konsisten membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan, ketidaksempurnaan tekstur, dan perubahan tampilan pori-pori dari waktu ke waktu. Lebih penting lagi, penggunaan tabir surya setiap hari dapat membantu mencegah pembentukan kanker kulit tertentu,” jelas dokter Charles.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips cantik perawatan wajah perawatan kulit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top