Film fashion Maquinn /dokumentasi Maquinn
Fashion

Keren, Maquinn Jadi Jenama Fesyen Indonesia Pertama yang Punya Film di Milan

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 7 Juni 2021 - 18:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Setelah mencuri banyak perhatian lewat pangelaran Milan Fashion Week 2020, label Maquinn kini luncurkan film fesyen perdananya di Juni 2021.

Film ini sekaligus mengantarkan Maquinn menjadi jenama Indonesia gaun pengantin pertama yang memproduksi fashion film di Milan, Italy.

Designer Maquinn, Janice Setyawan dan Benita Setyawan mengatakan ada lima gaun estetika Baroque Style Eropa dalam Fashion Film: Realm Of Silence.

Film pendek berlatar di Palazzo Emilio Turati tersebut dapat dinikmati melalui akun Instragam resmi maquinn @maquinnofficial.

“Ini jadi bukti nyata bahwa situasi sulit bukanlah jalan buntu’ untuk tetap berkarya. Sebaliknya, hambatan bagi industri fashion akibat
pandemik Covid-19, dimaknai Maquinn sebagai tantangan guna mengasah kreativitas dan melebarkan sayap ke busana pengantin,” ujar kedua Janice secara virtual, Senin (7/6/2021).

Benita, saudara kembar dari Janice menjelaskan bila gaun pengantin tersebut adalah debut pertama rancangan mereka.

Meskipun gaun tersebut adalah koleksi debut, kelima koleksinya di rancang begitu serius oleh saudara kembar tersebut. Fashion film besutan Maquinn bernuansa klasik dan elegan, lokasi dan juga gaunnya melebur menjadi satu seolah berasal dari abad yang sama.

Filmnya sendiri berkisah tentang empat patung yang menghiasi istana seorang Ratu. Namun, jika lazimnya patung
hanyalah benda mati, empat patung dalam film itu justru dapat hidup saat Ratu tak berada di sekitar mereka.

Semua Maquinn hadirkan lewat busana high luxury gowns, termasuk pada wedding gown yang dikenakan Ratu lewat
gaun pengantin putih besar nan megah.

Pada setiap gaun rancangan anak bangsa yang memukau tersebut membutuhkan 1800 jam untuk mengerjakannya.

“Dalam pembuatannya, kami mengombinasikan beragam teknik, termasuk embroidery dan beading. Selain itu, untuk mempertegas
keindahan gaun, kami juga menyematkan ribuan laser cut hydrangea applique,” papar Janice.

Dalam acara yang sama, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma, mengungkapkan menyambut dan turut mendukung Maquinn Fashion Film 2021.

Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani berharap maquinn terus berkreasi dan berinovasi serta menjadi motor penggerak lebih banyak designer Indonesia untuk berprestasi di tingkat internasional.

“Selamat dan sukses terus si kembar. Kami di sini terus mendorong dan mendukung kalian berkreasi dan berinovasi dengan teknologi yang ada. Dan kami yakin kalian akan membuat karya yang lebih lagi nantinya yang akan mengispirasi banyak teman-teman designer,” pesan Esti mengakhiri acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro