Kota Oshawa di Kanada/wikipedia
Travel

Kanada Bersiap Longgarkan Aturan Karantina bagi Pelancong yang Sudah Divaksin

Ni Luh Anggela
Selasa, 8 Juni 2021 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perdana Menteri Justin Trudeau bersiap untuk meringankan pembatasan perbatasan Kanada bagi para pelancong yang telah sepenuhnya divaksinasi terhadap Covid-19, menurut orang-orang yang akrab dengan diskusi tersebut.

Pemerintah sedang menyusun rencana untuk melonggarkan masa isolasi 14 hari saat ini bagi pelintas batas yang telah mendapat dua dosis vaksin, kata orang-orang, berbicara dengan syarat mereka tidak diidentifikasi seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (8/6/2021). 

Pelancong yang memasuki Kanada masih akan diuji tes corona dan mungkin diharuskan untuk karantina untuk periode yang lebih singkat.

Rencana ini diharapkan dapat diumumkan dalam beberapa hari, meskipun waktunya bisa bergeser, menurut beberapa orang. Tidak jelas kapan perubahan akan diterapkan atau apakah Kanada akan membuka perbatasannya ke pelancong non-AS pada saat yang sama.

Tekanan telah berkembang pada pemerintah Kanada dan AS untuk melonggarkan pembatasan yang telah diberlakukan sejak Maret tahun lalu, secara dramatis mengurangi lalu lintas darat dan udara antara kedua negara. Pakta yang membatasi perjalanan yang tidak penting jatuh tempo untuk perpanjangan pada 21 Juni.

Pemangku kepentingan dan pejabat pemerintah mengatakan ada rasa urgensi sekarang, mengingat bahwa itu mungkin kesempatan terakhir untuk membuka perbatasan tepat waktu untuk musim panas. Perpanjangan langkah-langkah selama sebulan lagi akan menjadi pukulan besar bagi sektor pariwisata, membatasi pergerakan untuk hari libur nasional 1 Juli di Kanada dan akhir pekan 4 Juli di AS.

"Bisnis membutuhkan waktu untuk merencanakan," Mark Agnew, seorang wakil presiden di Canadian Chamber of Commerce, mengatakan melalui telepon. "Beritahu kami apa peta jalan serta rencana dan matriksnya."

Kantor perdana menteri tidak menanggapi permintaan untuk  berkomentar.

Trudeau telah menyebutkan tingkat vaksinasi 75 persen sebagai ambang batas kunci ketika ditanya tentang kemungkinan membuka kembali perbatasan. Lebih dari 60 persen orang Kanada telah menerima dosis pertama dengan sekitar 8 persen sepenuhnya divaksinasi, menurut data yang dilacak oleh Canadian Broadcasting Corp. Di AS, 51,6 persen telah memiliki suntikan pertama mereka dan 42,1 persen telah memiliki dua, menurut Bloomberg Vaccine Tracker. Kasus aktif di kedua negara telah menurun.

Sebuah panel penasihat pemerintah Kanada bulan lalu merekomendasikan bahwa pelancong yang sepenuhnya divaksinasi dibebaskan dari karantina dan  "karantina hotel" tiga hari untuk penumpang maskapai penerbangan dihapus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro