Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terpapar Sinar Matahari Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa terbakar sinar matahari menjadi faktor risiko lain yang bisa meningkatkan kadar gula darah atau diabetes.
Sartika Nuralifah
Sartika Nuralifah - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  13:15 WIB
Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan.  - Klikdokter/Shuttlecock
Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. - Klikdokter/Shuttlecock

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes tipe 2 menuntut seseorang harus ekstra hati-hati dengan berbagai aspek. Salah satu aspek tersebut adalah faktor risiko yang kurang dikenal yang meningkatkan kadar gula darah seseorang.

Peluang seseorang terkena diabetes tipe 2 sangat tergantung pada kombinasi faktor risiko seperti gen dan gaya hidup. Meskipun seseorang tidak dapat mengubah faktor risiko seperti riwayat keluarga, usia, atau etnis, tapi kita dapat mengubah faktor risiko gaya hidup seputar makan, aktivitas fisik, dan berat badan.

Kini terbakar sinar matahari menjadi faktor risiko lain yang diketahui bisa meningkatkan kadar gula darah. Ketika seseorang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 memahami kadar gula darah mereka dan pentingnya menjaga mereka di cek kemungkinan akan menjadi bagian dari hidup kita.

Banyak faktor gaya hidup dapat merusak kadar gula darah termasuk diet, aktivitas, stres atau penyakit. Kondisi rumit bisa tampak seperti teka-teki karena beberapa faktor mengejutkan lainnya dapat meningkatkan gula darah, termasuk sengatan matahari.

Banyak yang tidak menyadari bahwa sengatan matahari sebenarnya dapat meningkatkan kadar glukosa gula darah. Inilah sebabnya mengapa penting bagi penderita diabetes tipe 2 untuk berhati-hati saat berada di bawah sinar matahari dan menghindari terbakar sinar matahari. 

Sunburn menyebabkan rasa sakit fisik dan rasa sakit membuat tubuh stres. Saat tubuh mengalami stres, kadar glukosa darah cenderung meningkat. Saat berada di bawah sinar matahari, tubuh kita mengalami stres dan rutinitas normal seseorang kemungkinan akan terganggu. Mengawasi lebih dekat pada kadar glukosa darah memberi kita kesempatan untuk merespons lebih cepat dan menjaganya tetap terkendali. 

Berada di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kadar glukosa darah melalui dehidrasi. Ketika tubuh menjadi panas, ia berkeringat, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi juga membuat tubuh stres dan dapat menyebabkan kadar glukosa darah lebih tinggi.

Para ilmuwan berhipotesis bahwa dehidrasi dapat menyebabkan peningkatan hormon vasopresin, yang mendorong ginjal untuk menahan air dan hati untuk memproduksi gula darah, berpotensi mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur insulin dari waktu ke waktu. 

Tips bagi penderita diabetes tipe 2 saat berada di bawah sinar matahari untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat: 

1. Gunakan tabir surya 

2. Kenakan kacamata hitam dengan UV untuk melindungi mata 

3. Kenakan pakaian yang longgar, ringan, dan berwarna terang 

4. Lindungi kepala, wajah, dan leher dengan mengenakan topi bertepi lebar

5. Gunakan selalu alas kaki

6. Hindari berada di bawah sinar matahari selama bagian hari yang paling panas 

7. Harus tetap terhidrasi


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes matahari gula darah
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top