Uji coba penanaman bawang bombai di Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta./ANTARA-Sutarmi
Health

Khasiat Bawang Bombai, Penurun Kadar Gula Darah hingga Berat Badan

Newswire
Minggu, 13 Juni 2021 - 13:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bawang bombai menjadi salah satu bumbu masak yang membuat sajian makanan jadi terasa segar dan mengundang selera. Begitu pula saat bawang bombai menjadi salah isi menu salad atau juga isian burger. Jelas terasa segar dan menggugah selera.   

Tak hanya menggugah selera sajian makanan, bawang bombai memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Menurut hasil makroskopis umbi bawang bombai memiliki akar serabut yang berwarna putih memiliki panjang dengan ukuran 9,5 cm dan tumbuhan batang semu berair berwarna hijau keputihan disertai daun berbentuk silinder berwarna hijau tua.

Setiap satu bawang bombai diperkirakan kandungan kadar air pemberian perlakuan ekstrak etanol 70 persen sebanyak 12,66 persen kadar airnya. Diikuti kandungan kadar sari larut air sebanyak 14,36 persen, dan kadar sari larut etanol 23,04 persen. 

Dari berbagai penelitian, umumnya mengemukakan bahwa dalam bombai selalu ada kandungan nutrisi senyawa flavonoid, saponin, fenol, dan triterpenoid.  Adapun kadar flavonoid dan fenol total dalam bawang bombai masing-masing sebanyak 0,12 gram dan 3,09 gram.

Tumbuhan bernama ilmiah Allium cepa L ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti pemaparan berikut:

  • Penurun Gula Darah

Kandungan kuersetin yang termasuk pada golongan flavonoid sering dikaitkan sebagai sifat antioksidan kuersetin yakni mampu merangkap radikal bebas. Pada penelitian lain disebutkan bahwa manfaat bawang bombai berkhasiat sebagai penurun kadar lemak dalam darah dan diuretic.

  • Sebagai Antioksidan

Antioksidan dalam bawang bombai dihasilkan dari peranan kandungan adalah sumber nutrisi yang kaya akan polifenol.

  • Menutrisi Rambut pada Tubuh

Ada beberapa tersebar titik-tik pada tubuh manusia yang disertai sejumlah rambut, jika kondisi rambut tersebut tampak sehat, dapat membantu mendorong hasil penampilan sangat baik. Misalnya rambut.

Rambut bagi sebagian orang dianggap sebagai mahkota, maka tak jarang banyak orang melakukan perawatan supaya memiliki rambut sehat, namun sekarang untuk mengakali perawatan rambut sehat dengan cara alami yakni gunakan bawang bombai.

Pada bawang bombai terdapat kandungan belerang (dietary sulfur). Sulfur merupakan adalah salah satu mineral yang paling umum di dalam tubuh. Ini diperlukan untuk produksi enzim dan protein yang memadai. Sulfur juga ditemukan pada keratin.

Keratin sendiri menjadi bagian penting pada bagian rambut, bersamaan dengan hal tersebut folikel rambut yang ternutrisi menjadi meningkat volumenya, kekuatan rambut sampai rambut tampak berkilau serta meminimalisir kerusakan rambut.

Tak hanya itu, menurut Nonverbal Learning Disorders Association, bawang bombai yang telah diolah menjadi jus dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut cegah uban dan ketombe. Aktivitas ini karena terjadi percepatan sirkulasi darah ke kulit kepala serta jumlah kolagen  yang memengaruhi produksi rambut baru.

  • Efektif Bantu Turunkan Berat Badan

Bawang bertindak seperti makanan probiotik yang berperan sebagai asupan bagi bakteri dalam usus pencernaan, sehingga semakin membuat tahan lama datangnya rasa lapar. Secara tidak langsung konsumsi bawang bombai mentah dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat saat dimakan mentah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro