Pelari berlari cepat di samping banteng petarung Pedraza de Yeltes dekat pintu masuk arena adu banteng di hari keempat lari bersama banteng dalam festival San Fermin di Pamplona, Spanyol utara, Minggu (10/7/2016). /Reuters
Health

Penting Tahu, Ini Jenis olahraga yang Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 Juni 2021 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mulai dari meningkatkan suasana hati hingga meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda, berolahraga setiap hari memiliki banyak manfaat kesehatan.

Seiring dengan diet Anda, peran berolahraga dalam menjaga kesehatan jantung Anda adalah yang terpenting. Berolahraga meningkatkan detak jantung Anda memperkuat otot jantung Anda dan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.

Tetapi sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa ada jenis olahraga tertentu yang bahkan dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Secara umum, disarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit setiap hari untuk memperkuat otot jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Circulation mengungkapkan bahwa latihan intensitas tinggi dan aktivitas berlebihan dapat meningkatkan risiko mengembangkan masalah jantung akut.

Ini menguraikan bahwa pelatihan olahraga ekstrem dan bersaing dalam acara ketahanan dapat menempatkan seseorang pada risiko mengembangkan komplikasi terkait jantung dan bahkan menyebabkan gangguan ritme.

Mengapa kelelahan dapat menyebabkan serangan jantung?

Sesuai sebuah penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Nasional Kedokteran Institut Kesehatan Nasional AS, olahraga ekstrem dapat meningkatkan risiko serangan jantung mendadak (SCA) atau kematian jantung mendadak (SCD). Sebuah penelitian yang dilakukan pada pelari menemukan bahwa bahkan setelah menyelesaikan acara lari ekstrem, penanda sampel darah mereka mengandung biomarker yang terkait dengan masalah terkait jantung.

Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang ekstrem, ini dapat menyebabkan remodeling jantung dan dapat menyebabkan masalah seperti dinding jantung yang lebih tebal dan jaringan parut pada jantung.

Selain itu, di akhir penelitian disebutkan dengan jelas bahwa olahraga dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung mendadak atau kematian jantung mendadak pada orang yang sudah menderita masalah jantung.

Tidak ada keraguan bahwa olahraga dan manfaat kesehatannya. Masalahnya adalah dengan jumlah aktivitas yang keras yang bisa berdampak buruk. Setiap individu harus melakukan 30 menit olagraga intensitas sedang setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Namun, seseorang harus menghindari menantang kekuatan fisik dan tubuh mereka. Ini lebih penting untuk semua orang yang menderita kelainan genetik atau kardiovaskular.

Jika Anda seorang pemula atau bukan seorang profesional, jangan berolahraga berlebihan. Selain itu, beri tubuh Anda waktu yang cukup untuk pulih dan memperbaiki diri. Jika Anda merasa ada komplikasi konsultasikan dengan dokter Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro