Ilustrasi/Tripdesigners
Relationship

8 Tanda Seseorang Tidak Berniat untuk Menikah, Anda Salah Satunya?

Ni Luh Anggela
Senin, 14 Juni 2021 - 19:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernikahan menjadi tujuan banyak orang, tetapi apakah itu juga menjadi tujuan Anda?
 
Jika Anda tahu dalam hati Anda bahwa Anda tidak tertarik pada pernikahan, akan sangat menjengkelkan untuk merasakan tekanan dari semua pihak untuk tetap menempuh jalan itu. Nilai-nilai tradisional memegang pernikahan sebagai tujuan akhir, terutama bagi perempuan. Meskipun masyarakat berubah, banyak orang masih memendam sikap ini.
 
Namun terlepas dari apa yang dikatakan orang tua, teman, atau siapapun itu, Anda sebenarnya tidak harus menikahi siapa pun untuk mendapatkan akhir yang bahagia.

Tidak apa-apa untuk tidak menikah, karena Anda tidak membutuhkan pasangan untuk melengkapi Anda. Anda bisa bahagia sendiri karena Anda sendiri sudah cukup. Banyak orang tidak pernah menikah dan masih menemukan kebahagiaan dan kepuasan. Berikut delapan tanda bahwa Anda salah satunya, melansir dari Bolde , Senin (14/6/2021).
 
1. Anda Menghargai Kebebasan Anda

Pernikahan menjadi tujuan akhir bagi banyak orang. Bagian dari daya tarik adalah gagasan untuk menjadi bagian dari tim yang bahagia di mana seseorang selalu mendukung Anda. Tetapi kelemahan berada dalam tim adalah Anda memiliki lebih sedikit kebebasan.

Anda harus mempertimbangkan pasangan Anda ketika harus membuat keputusan besar. Anda harus mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan mereka, ditambah anak-anak, selama pernikahan. Itu semua bisa sangat menakutkan bagi seseorang yang menghargai kebebasan mereka dan tidak ingin melepaskannya. Jika Anda menghargai kebebasan Anda dan menganggapnya sebagai salah satu prioritas tertinggi Anda, Anda mungkin tidak akan pernah menandatangani kontrak yang mengikat Anda dengan orang lain seumur hidup.
 
2. Anda Memiliki Tujuan Lain yang Tidak Termasuk Pernikahan

Sementara beberapa orang memandang pernikahan sebagai tujuan akhir yang lebih penting dari apa pun dalam hidup mereka, yang lain memandang pernikahan sebagai hambatan. Mengingat pernikahan membutuhkan waktu dan usaha (yang menurut banyak orang sepadan), itu dapat mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal lain. Anda mungkin memiliki tujuan karir atau bahkan tujuan pribadi yang berarti segalanya bagi Anda. Jika Anda melihat pernikahan sebagai rintangan untuk mencapai tujuan tersebut, itu pertanda bahwa Anda mungkin tidak akan pernah berjalan di lorong itu.
 
3. Anda Suka Menjadi Lajang

Jika Anda suka menjadi lajang , mengapa Anda mengubahnya? Masyarakat mencoba menekan orang untuk berpasangan, menikah, dan memiliki anak. Tetapi jika Anda tidak setuju dengan itu dan Anda bahagia dengan apa adanya, Anda mungkin tidak akan mengubahnya. Ini terutama berlaku untuk orang yang sudah lama melajang, atau selalu kembali melajang. Mungkin kelajangan itu adalah tempat bahagia Anda, dan itu tidak masalah.
 
4. Gagasan untuk Menetap Membuat Anda Takut

Pernikahan adalah mimpi bagi sebagian orang dan mimpi buruk bagi sebagian lainnya. Faktanya, gagasan untuk menetap dengan seseorang bahkan bisa menakutkan. Jika Anda memiliki tujuan karir yang besar, memuja kebebasan Anda, atau memimpikan kehidupan yang dihabiskan dengan spontanitas, gagasan untuk menikah mungkin tidak hanya mengecewakan—mungkin juga menakutkan! Memiliki reaksi ketakutan seperti itu terhadap pernikahan adalah tanda yang jelas bahwa itu bukan untuk Anda.
 
5. Anda Tidak Merasa Terikat Oleh Tradisi

Terkadang orang menikah, bukan karena mereka benar-benar menginginkannya, tetapi karena mereka menyerah di bawah tekanan. Pernikahan secara tradisional dipandang sebagai satu-satunya cara untuk memiliki akhir yang bahagia, terutama bagi wanita. Jadi, mudah untuk melihat bagaimana orang-orang yang tidak tertarik pada pernikahan akhirnya tetap menjalaninya. Tetapi jika Anda tidak merasakan tekanan itu dan Anda tidak peduli dengan tradisi, Anda cenderung tidak memaksakan diri untuk sesuatu yang Anda tahu bukan untuk Anda, seperti pernikahan.
 
6. Anda Mengasosiasikan Pernikahan dengan Kenangan Negatif

Sayangnya, beberapa orang belum pernah melihat contoh positif pernikahan. Mereka mungkin tumbuh dalam lingkungan yang tersentuh oleh perceraian pahit atau kekerasan dalam rumah tangga. Jika Anda merasa takut hanya dengan memikirkan pernikahan, dan Anda tidak percaya bahwa itu benar-benar berhasil, ini mungkin Anda. Itu normal untuk mengasosiasikan pernikahan dengan emosi negatif jika itu selalu pengalaman Anda. Meskipun Anda benar-benar dapat mengatasi masalah tersebut dengan seorang profesional dan melanjutkan pernikahan yang bahagia, sulit untuk menjalani pernikahan jika Anda tidak mengatasinya.
 
7. Anda Tidak Percaya pada Monogami

Tidak semua orang percaya pada monogami. Beberapa orang berpikir tidak realistis untuk berharap hanya bersama satu orang untuk selamanya. Biasanya, perkawinan adat dan poligami menimbulkan konflik yang cukup besar. Jika Anda tidak percaya pada monogami, Anda mungkin tidak akan pernah berjalan menyusuri lorong karena Anda tidak percaya pada esensi pernikahan tradisional. Konon, beberapa orang masih menikah dan memiliki hubungan dengan orang luar.
 
8. Perubahan Menakutkan untuk Anda

Pernikahan adalah salah satu perubahan terbesar yang pernah Anda alami dalam hidup Anda. Bukan untuk menekan, tetapi dengan satu tanda tangan, Anda beralih dari kehidupan lajang ke mengikat diri Anda secara hukum kepada orang lain. Anda menjadi istri atau suami seseorang. Itu langkah besar! Plus, pernikahan cenderung datang dengan banyak perubahan lain, seperti pindah rumah dan memiliki anak. Anda tidak mungkin menempuh jalan itu sama sekali jika perubahan membuat Anda takut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro