Hari Pelaut Sedunia
Health

Hari Pelaut Sedunia, 15.000 Pelaut Indonesia Bakal Divaksinasi

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 16 Juni 2021 - 11:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati hari Pelaut Sedunia yang jatuh setiap tanggal 25 Juni, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut merilis slogan Indonesian Heroes.

Tagline Indonesian Heroes merupakan singkatan dari Indonesian Healthy and Ready Onboard Seafares yang memiliki arti mengedepankan kesehatan para pelaut terutama di masa Pandemi Covid-19 ini.

Slogan Indonesian Heroes disampaikan dalam rapat persiapan Intersession Discussion on Covid-19 pada forum ASEAN yang dipimpin oleh Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi sebagai upaya tindak lanjut wujud kepedulian pemerintah kepada pelaut Indonesia dengan sasaran pelaut Indonesia dapat kembali bekerja di atas kapal dan mendukung distribusi logistik dunia.

“Dalam pertemuan antar negara ASEAN yang baru-baru ini dilaksanakan, Indonesia sepakat bahwa pelaut adalah pekerja kunci yang memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian sebuah negara,” kata Capt Antoni dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Capt. Hermanta dalam Pertemuan ke-103 the Maritime Safety Committee, Indonesia beberapa waktu lalu mendukung draft Resolusi terhadap Rekomendasi untuk Memprioritaskan Program Vaksinasi bagi Pelaut.

“Dalam sidang Komite tersebut Indonesia mendukung Rancangan Resolusi tentang Rekomendasi tindakan untuk memprioritaskan vaksinasi COVID-19 bagi pelaut,” ungkapnya.

Capt Hermanta menegaskan, vaksinasi pelaut menjadi perhatian khusus Kementerian Perhubungan dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan serta Satgas Penanganan Coovid-19 dalam pelaksanaannya.

Pelaksanaan vaksinasi pelaut sudah dimulai lebih awal di Bali di mana Gubernur Bali menghimbau para pelaut Bali untuk mendaftar ke Pemerintah atau melalui serikat pelaut Indonesia secara gratis untuk dimasukkan ke dalam daftar vaksin prioritas dari total target sebanyak 15.000 pelaut pada akhir 2021.

Selain itu, vaksinasi bagi para pekerja transportasi termasuk para pelaut saat ini tengah berlangsung di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta mulai tanggal 10 s.d. 18 Juni 2021 dengan target 10.000 orang atau 1.000 orang per hari. Pendaftaran vaksinasi dapat dilakukan secara perorangan atau secara kolektif oleh perusahaan.

Penyelenggaraan vaksinasi tersebut merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi antar instansi pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, BUMN pelabuhan dan juga TNI/Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro