Sharon Lavigne. Sejak 2018, Lavigne aktif memerangi pabrik petrokimia bernilai miliaran dolar yang mengancam untuk pindah ke kampung halamannya, yang terletak di sepanjang Cancer Alley, Louisiana. /Bloomberg
Relationship

Sharon Lavign, Nenek Pejuang Lingkungan Raih Penghargaan Nobel Hijau

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 17 Juni 2021 - 13:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Nama Sharon Lavigne mencuat di berbegai media asing setelah dianugerahi Penghargaan Lingkungan Goldman, atau lebih populer dengan Nobel Hijau. Lavigne penerima pernghargaan tersebut atas jasanya sebagai aktivis lingkunganya.

Lavigne merupakan seorang pensiunan guru pendidikan khusus dari Louisiana. Ia memimpin kampanye akar rumput untuk menghentikan pembangunan pabrik plastik beracun di Cancer Alley, Amerika. Lewat aksinya itu, wanita berusia 68 tahun itu memenangkan hadiah Goldman 2021 untuk pembela lingkungan.

Lavigne juga adalah pendiri kelompok berbasis agama bernama RISE St. James, yang mengadvokasi keadilan rasial, dan lingkungan. Lavigne, mengorganisir pawai, petisi, pertemuan balai kota dan kampanye media setelah pejabat terpilih memberikan lampu hijau untuk pembangunan pabrik pencemar lain di paroki St James. Wilayah tersebut mayoritas di huni oleh komunitas kulit hitam, namun sudah dirusak oleh industri berat sehingga memiliki tingkat kanker sangat tinggi.

Sebagai warga yang bermukim di sana, Lagvine berhadapan langsung dengan pabrik kimia bernilai miliaran dolar di rumahnya yang lama di St. James Parish. Dan ia tidak bisa diam saja melihat kesengsaraan itu terus terjadi.

Melansir Bloomberg, Kamis (17/6/2021), Lavigne sejak 2018 aktif memerangi pabrik petrokimia bernilai miliaran dolar yang mengancam untuk pindah ke kampung halamannya, yang terletak di sepanjang Cancer Alley, Louisiana.

Julukan kawasan itu terkenal dengan koridor 85 mil, di mana sepanjang Sungai Mississippi menjadi rumah bagi sekitar 150 pabrik petrokimia dan kilang minyak sejak 1980-an. Keberadaannya telah dicela sebagai kasus rasisme lingkungan yang mengerikan, dan bahkan disebut sebagai pelanggaran hak asasi manusia oleh PBB.

Itu karena emisi dari pabrik yang mempengaruhi komunitas mayoritas kulit hitam di dekatnya. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, orang-orang di sana memiliki risiko kanker lebih tinggi daripada 95 persen orang Amerika, dan 90 persen penduduk Louisiana.

“Mereka mencoba menjadikan daerah kami sebagai zona pengorbanan,” ujar Lavigne.

Ia juga melawan industri dan pejabat negara bagian dan lokal mendukung aksinya. Dia menyamakan pertempuran komunitasnya dengan industri kimia dengan gerakan Black Lives Matter. “Mereka membunuh orang kulit hitam dengan senjata dan sejenisnya, dan bersama kami, mereka membunuh kami dengan racun di udara dan di air kami. Itu masih pembunuhan, ” tambahnya.

Lavigne mengaku tidak ingin menjadi seorang aktivis. Meskipun dia berhenti dari pekerjaan lamanya sebagai guru pendidikan khusus pada 2018, dia menjadi salah satu suara paling menonjol di komunitasnya yang berpenduduk sekitar 20.000 orang. Bahkan aksinya untuk lingkungannya yang begitu kuat yang didukung oleh pemerintah negara bagian dan lokal.

Dalam pengawasannya, satu kompleks kimia membatalkan rencana untuk membawa operasinya ke komunitasnya, dan yang lain menghadapi perlawanan yang kuat.

Rise St. James didirikan pada musim gugur 2018, tepat ketika perusahaan China Wanhua mengumumkan rencana untuk membangun kompleks kimia seluas 250 hektar di Biara, sebuah komunitas tak berhubungan di paroki.

Pabrik akan menghasilkan sebanyak 1 juta pon limbah cair berbahaya setiap tahun, dan kemungkinan melepaskan polutan beracun yang terkait dengan kanker, pernapasan penyakit dan penyakit lainnya. Lavigne sendiri didiagnosis dengan hepatitis autoimun pada 2016.

Kelompok itu rutin mengadakan pertemuan dewan di balai kota dan membawa para ahli untuk memperingatkan penduduk tentang kontribusi pabrik terhadap udara yang sudah beracun di daerah itu. Mereka juga memimpin pawai, dipersenjatai dengan poster imbauan, dan suara Lavigne yang lelah tetapi kuat.

“Kami menjangkau masyarakat untuk mendidik mereka tentang apa yang sedang terjadi,” kata Lavigne.

Lavigne tinggal di distrik ke-5 Paroki St. James dan berada di sana sejak sebelum menjadi bagian dari Cancer Alley. Itu adalah kota pertanian yang berkembang, dikelilingi oleh perkebunan tebu yang diwariskan dari era perbudakan, dan pohon-pohon yang menghasilkan semua jenis kacang dan buah-buahan.

Keluarganya aktif di masyarakat, ayahnya mengintegrasikan sekolah menengah setempat di tahun 50-an. Sekolah itu pernah menjadi sekolahnya.

Pabrik pertama masuk ke wilayah sana pada tahun 60-an, bahkan pembangunannya menjanjikan pekerjaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. “Kami pikir itu adalah sesuatu yang luar biasa, ayah saya dan mereka menyambut itu. Akan tetapi kemudian saya melihat bisnis mulai tutup,” kata Lavigne.

Ekspansi yang berkelanjutan mematikan usaha kecil, sekolah menengah Lavigne, dan kantor pos. Rumah penduduk dibeli, warga kulit putih pindah, dan meninggalkan keluarga kulit hitam yang berpenghasilan rendah yang tidak mampu pindah.

“Kami tidak tahu bahwa semua ini akan berdampak pada kesehatan kami. Orang-orang mulai sakit, kami melihat udara berbau, dan kami tidak bisa minum airnya. Kebunnya tidak seproduktif dulu,” Lavigne menambahkan.

Terlepas dari beban kesehatan pada penduduk, pemerintah negara bagian dan lokal tetap bersemangat untuk mengubah kawasan itu menjadi pusat industri, seringkali menawarkan potongan pajak yang besar sebagai imbalan atas penciptaan lapangan kerja.

Pada 2014, dewan paroki secara diam-diam mengubah zona komunitas perumahan di distrik 4 dan distrik 5 untuk penggunaan industri, sehingga memudahkan perusahaan, seperti Formosa untuk diberikan izin penggunaan lahan.

Terlepas dari penghargaan didapatnya, Lavigne kini masih berjuang melawan perusahaan. Bahkan, meskipun pandemi memperlambat upaya kelompoknya untuk melakukan kampanye dan mengadakan lebih banyak pawai.

Petisi mereka kini sebagian besar pindah ke jalur daring. Lavigne juga mengadakan pertemuan lewat rapat Zoom. Itu sebabnya, meskipun Hadiah Goldman mendukung tujuan pemenang secara finansial dan melalui peluang jaringan, Lavigne sangat senang dengan visibilitasnya.

Dia dan aktivis lainnya ingin menjangkau di luar pejabat lokal, seperti Presiden Joe Biden, dan memintanya untuk menegakkan komitmennya terhadap keadilan lingkungan dengan mencabut izin Formosa.

Lavigne mengakui dirinya lelah, dan sebagai seorang nenek, dia ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan cucu-cucunya. Akan tetapi dia bersandar pada imannya untuk terus berjalan. “Yang kita miliki hanyalah Tuhan, dan kita menghadapi kekuatan manusia yang memiliki kekuatan dalam angka,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro