Salah seorang warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menjalani vaksinasi Covid-19 untuk mendukung percepatan vaksinasi agar bisa mencapai target sebanyak 607.063 saaran./Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif
Health

Memprihatinkan, Ratusan Dokter Indonesia Positif Covid-19 Meski Telah Divaksin

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 18 Juni 2021 - 15:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ratusan dokter di Indonesia terjangkit Covid-19 setelah terima suntikan vaksin Sinovac. Bahkan, puluhan petugas medis dirawat di rumah sakit karena kekhawatiran jumlahnya akan meningkat.

Kabar mengejutkan ini juga dimuat oleh beberapa media luar negeri. Seperti yang dikutip dari nikkeiasa, Jumat (18/6/2021), ada lebih dari 350 dokter Indonesia telah tertular Covid-19 meskipun telah divaksinasi dengan Sinovac. Dan lusinantelah dirawat di rumah sakit.

Pejabat setempat mengatakan itu meningkat kekhawatiran tentang kemanjuran beberapa vaksin terhadap jenis virus yang lebih ganas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo menyatakan sebagian besar dokter yang tidak menunjukkan gejala, dan mereka mengisolasi diri di rumah. Lusinan dokter yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi demam tinggi dan penurunan tingkat saturasi oksigen.

Saat ini Kudus sedang berjuang melawan wabah varian Delta yang mendorong tingkat hunian tempat tidur di atas 90 persen di kabupaten tersebut. Sejak Januari, petugas kesehatan Indonesia adalah kelompok prioritas yang pertama divaksinasi ketika upaya inokulasi dimulai.

Hampir semuanya telah menerima vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan biofarmasi China Sinovac, menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Sementara jumlah petugas kesehatan Indonesia yang meninggal akibat Covid-19 telah menurun secara signifikan.

Para pakar kesehatan masyarakat mengatakan rawat inap di Jawa memprihatinkan.

“Data menunjukkan mereka memiliki varian Delta di Kudus sehingga tidak mengherankan jika terobosan infeksi lebih tinggi dari sebelumnya karena seperti yang kita ketahui mayoritas petugas kesehatan di Indonesia menerim Sinovac, dan kita masih belum tahu bagaimana caranya. Apakah itu efektif di dunia nyata melawan varian Delta," kata Dicky Budiman, ahli epidemiologi dari Griffith University Australia.

Seorang juru bicara dari Sinovac dan Kementerian Kesehatan Indonesia belum dapat dihubungi untuk mengomentari kemanjuran CoronaVac Sinovac terhadap varian virus terbaru ini.

Dengan lebih dari 1,9 juta kasus dan 53.000 kematian, ada banyak dokter dan perawat di Indonesia yang meninggal dengan 946 kematian.

Banyak yang sekarang mengalami keletihan pandemi dan semakin laissez-faire pendekatan protokol kesehatan setelah divaksinasi, kata Lenny Ekawati, dari LaporCovid-19. "Fenomena itu cukup sering terjadi akhir-akhir ini, tidak hanya di masyarakat tetapi juga petugas kesehatan," katanya.

Mereka berpikir karena divaksinasi maka mereka aman. Tetapi karena lebih banyak kasus varian Delta yang sangat menular diidentifikasi di negara terpadat keempat di dunia, data mulai menceritakan kisah yang berbeda.

Di seluruh Indonesia, setidaknya lima dokter dan satu perawat telah meninggal karena Covid-19 meskipun divaksinasi, menurut kelompok inisiatif data, meskipun satu baru menerima suntikan pertama.

Ahli radiologi Dr Prijo Sidipratomo mengatakan dia mengetahui setidaknya setengah lusin dokter di kota itu yang telah dirawat di rumah sakit karena Covid-19 dalam sebulan terakhir meskipun telah divaksinasi, dengan satu saat ini dirawat di ICU. “Ini mengkhawatirkan bagi kami karena kami tidak dapat mengandalkan vaksinasi saja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro