Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada, Ini 9 Tanda Fake Friends

Sangat menyenangkan apabila Anda memiliki teman-teman yang mendukung dan menyemangati Anda. Namun, tidak semua teman mendukung dan menyemangati seperti yang Anda pikirkan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 18 Juni 2021  |  15:21 WIB
Waspada, Ini 9 Tanda Fake Friends
Sebanyak 37% responden menggunakan Snapchat untuk berinteraksi dengan teman dekat mereka, 71% di antaranya mengatakan bahwa Snap yang unik memperkuat persahabatan mereka. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sangat menyenangkan apabila Anda memiliki teman-teman yang mendukung dan menyemangati Anda. Namun, tidak semua teman mendukung dan menyemangati seperti yang Anda pikirkan.

Beberapa dari kita mungkin berpikir bahwa drama remaja dan gosip akan berakhir ketika kita telah menyelesaikan sekolah menengah, tetapi beberapa orang dewasa masih di dalam drama remaja dan gosipnya itu.

Hidup Anda terlalu singkat untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang seperti ini, apalagi mereka yang tidak benar-benar mencintai dan tidak ingin melihat Anda bahagia. Mungkin, beberapa dari Anda belum atau mungkin masih ragu untuk mengetahui apakah teman-teman Anda tulus atau justru palsu?

Anda bisa saja mulai dengan melihat beberapa tanda bahwa teman dalam hidup Anda tidak tulus dan palsu, seperti dilansir dari Bolde, Jumat (18/6/2021).

1. Tidak senang dengan kesuksesan Anda

Jika teman-teman Anda tampak salty atau cemburu ketika sesuatu yang hebat terjadi dalam hidup Anda dan membuat Anda merasa bersalah ketika berbagi dengan mereka, mereka benar-benar teman palsu. Bahkan jika mereka mengalami sesuatu yang sulit dalam hidup dan mungkin iri dengan hal-hal yang Anda miliki, mereka masih harus bisa melihat Anda bahagia.

Anda mungkin merasa harus menyembunyikan hal-hal baik dari mereka sehingga mereka tidak akan merasa buruk tetapi jika mereka adalah teman sejati Anda, mereka masih bisa merasakan sukacita dan merayakannya dengan cara yang layak Anda rayakan. Jika mereka tidak bisa bahagia untuk Anda, mereka bukanlah teman sejati Anda.

2. Mencoba untuk mengecilkan hal-hal yang membuat Anda bahagia

Tanda lain dari teman palsu adalah ketika mereka mencoba membuat Anda merasa bahwa hal-hal baik dalam hidup Anda tidak terlalu bagus. Misalnya, jika Anda baru saja mendapatkan pekerjaan baru yang sangat Anda sukai dan Anda memberi tahu teman Anda tentang hal itu, mereka pasti akan senang dan bersemangat untuk Anda.

Namun, jika reaksi pertama mereka adalah menyoroti semua hal negatif, seperti memberitahu Anda tentang jam kerja yang panjang atau tekanan yang akan diberikan kepada Anda untuk melakukannya dengan baik, mereka jelas berusaha membuat Anda merasa kurang senang dengan kesuksesan ini karena mereka iri padamu.

Ini tidak apa-apa! Jika mereka terlalu tidak aman untuk merasa bahagia untuk Anda, lanjutkan saja. Mereka bukan tipe teman yang Anda inginkan dalam hidup Anda.

3. Mengolok-olok hal-hal yang penting bagi Anda

Sangat normal bagi teman untuk saling bercanda dan bercanda, tetapi teman sejati tahu dimana harus menarik garis. Mereka pasti tidak boleh mengejek atau meremehkan sesuatu yang sangat penting bagi Anda, apa pun itu. Jika teman Anda mengolok-olok pekerjaan Anda, hobi Anda, keluarga Anda, orang penting Anda, atau hal lain seperti itu, ini hanyalah tanda ketidakamanan mereka.

Minat Anda tidak harus identik dengan mereka, tetapi mereka tetap harus menghargai apa yang penting bagi Anda. Jika mereka terus-menerus berusaha meremehkan hal-hal yang membuat Anda menjadi diri mereka sendiri, kemungkinan besar mereka iri pada Anda atau berusaha membuat Anda tidak aman seperti mereka. Apa pun alasannya, teman sejati tidak melakukan ini dan Anda tidak boleh menerimanya.

4. Tidak menerima Anda apa adanya

Jika Anda memiliki teman yang terus-menerus berusaha mengubah Anda atau mendorong Anda untuk menjadi seseorang yang bukan diri Anda, ini bukan tanda persahabatan sejati. Teman sejati saling menerima apa adanya. Mereka tidak memilih untuk berada dalam kehidupan satu sama lain karena penampilan mereka atau apa yang mereka miliki.

Jika teman Anda membuat Anda merasa harus melakukan cara tertentu untuk menjaga hubungan Anda dengan mereka, mereka pasti teman palsu.

5. Tidak ada selama Anda mengalami masa-masa sulit

Teman sejati ada untuk Anda tidak peduli apa dan ketika Anda mengalami sesuatu yang sulit atau menyakitkan, terkadang hal terbaik untuk Anda adalah cinta dan dukungan dari seorang teman baik. Jika teman Anda tampaknya secara misterius menghilang setiap kali hidup menjadi sulit bagi Anda, itu mungkin pertanda bahwa mereka bukan teman sejati.

Ini tidak semenyenangkan merayakan saat-saat indah tetapi ketika hidup membuat Anda ingin menyerah, teman baik ada di sisi Anda untuk mengatasi badai bersama Anda.

6. Menekan Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda tidak Anda sukai

Sama seperti teman yang memiliki minat dan selera yang berbeda, teman Anda mungkin suka melakukan hal-hal yang tidak terlalu Anda sukai dan itu tidak masalah. Ketika Anda bergaul dengan mereka, Anda hanya harus melakukan hal-hal yang Anda berdua nikmati.

Jika teman Anda tampaknya terus-menerus menekan Anda untuk melakukan apa pun yang tidak Anda sukai seperti berpesta, minum-minum, atau bahkan hal-hal biasa sehari-hari yang tidak Anda sukai, beritahu dia bahwa Anda tidak setuju. Jika mereka menolak untuk berkompromi dengan Anda, mereka bukanlah teman sejati.

7. Berbicara tentang Anda di belakang Anda

Yang ini tampaknya cukup jelas, tetapi mudah untuk membuat kelonggaran atas perilaku seseorang yang tidak dapat diterima ketika kita peduli dengan mereka atau hanya ingin melihat yang terbaik dari mereka. Bahkan jika mereka mencoba menyamarkan gosip tentang Anda sebagai bentuk cinta apakah mereka mengatakan itu hanya karena mereka peduli atau hanya khawatir tentang Anda, itu tidak masalah.

Jika mereka benar-benar khawatir, mereka bisa mengkonfrontasi Anda tentang masalah ini. Tidak ada alasan bagi mereka untuk membicarakan Anda kepada orang lain tanpa sepengetahuan Anda, terutama jika apa yang mereka katakan tidak baik.

8. Menggunakan Anda untuk memperoleh sesuatu yang mereka mau

Jika teman Anda tampaknya hanya ingin bergaul dengan Anda atau berada dalam hidup Anda karena apa yang dapat mereka peroleh darinya, itu adalah tanda yang pasti dari teman palsu. Itu bisa berupa hal-hal materi yang Anda miliki, koneksi yang Anda miliki dengan orang-orang, atau bahkan hal-hal yang ingin Anda lakukan untuk mereka.

Akan tetapi apapun itu, jika mereka membuat Anda merasa persahabatan mereka bergantung pada Anda memberi mereka hal-hal tertentu, itu bukan persahabatan sejati dan Anda lebih baik tanpa mereka.

9. Tidak mendorong Anda untuk berhasil

Teman sejati selalu mengutamakan kepentingan terbaik Anda dan akan selalu mendorong Anda untuk melakukan apa yang benar dan yang terbaik untuk hidup dan masa depan Anda. Jika teman Anda mencegah Anda mengejar tujuan Anda atau tampaknya tidak peduli, itu bisa jadi karena mereka bukan teman sejati. Beberapa orang akan mengecilkan hati orang lain untuk mengejar prestasi besar karena mereka ingin selalu merasa superior dan tidak ingin melihat orang lain sukses.

Teman sejati tahu bahwa hanya karena Anda memiliki hal-hal besar terjadi dalam hidup Anda tidak berarti mereka tidak akan dan mereka tidak hanya akan bahagia untuk semua keberuntungan yang Anda terima tetapi mereka akan selalu menyemangati Anda dan mendorong Anda untuk lebih banyak melakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

persahabatan Kawan Lama
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top