Ilustrasi/Lennoncenter
Health

Tips Mengatasi Kecemasan saat Pandemi Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 Juni 2021 - 15:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, kasus covid-19 di tanah air kembali naik menyusul adanya varian Delta yang disebut lebih menular.

Menghadapi hal ini, banyak orang mulai kembali mengalami kecemasan.

Padahal, stres dan kecemasan juga merupakan faktor yang mempengaruhi kesehatan kita dan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita.

Oleh karena itu, masalah yang meresahkan, meminta bantuan di saat kritis seperti ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Mimansa Singh Tanwar, psikolog klinis utama, Departemen kesehatan mental dan ilmu perilaku, Rumah Sakit Fortis India berbagi beberapa tips mudah untuk mengelola kecemasan selama masa-masa sulit ini.

Berikut tipsnya dilansir dari Times of India :

Menurut Mimansa Tanwar, kecemasan dan stres adalah emosi yang wajar dialami manusia saat ini, karena sebagai masyarakat, kita tidak pernah siap menghadapi pandemi seperti itu. Pandemi virus corona telah mempengaruhi kita masing-masing dan telah mengubah hampir semua hal dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ketidakpastian yang melingkupi situasi ini juga menambah ketakutan kita. Orang-orang telah mengembangkan rasa takut dalam pikiran mereka kekhawatiran terinfeksi dan menularkannya kepada orang yang mereka cintai.

Meskipun virus mungkin membutuhkan waktu lama untuk hilang, kita semua harus belajar mengelola stres dan kecemasan dengan lebih sadar.

Dia menambahkan bahwa penting juga untuk memahami bahwa orang harus menerima kenyataan bahwa kecemasan dan stres dalam jangka waktu tertentu adalah pengalaman alami.

Daripada terlalu memikirkan sesuatu yang membuat stres, katanya, orang harus menekankan pada memiliki 'me time' melakukan dan perawatan diri. Melakukan aktivitas yang menenangkan, hal-hal yang membuat Anda bahagia membantu melepaskan dopamin, hormon kebahagiaan yang membantu melawan stres dan kecemasan.

Mempraktikkan perilaku berdasarkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker wajah dan menjaga jarak fisik juga terbukti membantu. Terbukti secara ilmiah bahwa ketika Anda mengambil tindakan pencegahan yang tepat, Anda merasa jauh lebih percaya diri untuk dapat menjaga kesehatan Anda dan kesehatan orang yang Anda cintai dengan baik.

Tips tetap sehat selama lockdown

Penting untuk mempertahankan rutinitas siklus tidur-bangun yang tepat karena membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Siklus tidur-bangun yang baik telah terbukti meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan meningkatkan kinerja memori anak-anak dan orang dewasa.

Orang harus mencoba dan menghindari alkohol, nikotin, dan produk dengan terlalu banyak kafein karena dapat membuat mereka tidak nyaman. Ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi alkohol, nikotin, dan kafein mengganggu pembelajaran dan produktivitas. Konsumsi berlebihan produk tersebut mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia.

Latihan fisik juga merupakan keharusan untuk tetap sehat secara fisik dan bahkan mental. Mempertimbangkan situasi saat ini, penting untuk menikmati kegembiraan sederhana saat ini. Tetap berhubungan dengan anggota keluarga dan teman dengan mengatur pertemuan virtual dapat membantu dalam menyadari bahwa 'ini juga akan berlalu.'

Jangan menyimpan kecemasan Anda di dalam diri Anda sendiri. Setiap kali Anda merasa bahwa ada pikiran ketakutan dan kecemasan dalam pikiran Anda, Anda harus BUKA pada orang lain. Penting untuk berbicara dengan teman atau anggota keluarga Anda.

Jika pikiran terus menghantui Anda maka Anda harus menghubungi seorang ahli.

#ingatpesanibu, #sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro