Ilustrasi stres akibat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) /Thefiscaltime
Health

8 Tips Jaga Keseimbangan Pekerjaan dan Keluarga Selama WFH

Anissa Putri
Jumat, 18 Juni 2021 - 19:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatkan kasus positif harian Covid-19 membuat banyak kantor kembali memberlakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Menyeimbangkan kehidupan kerja dengan kehidupan rumah di tengah pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi banyak orang, terutama yang bekerja berjam-jam hingga akhir pekan.

Apapun kondisi Anda, penting untuk meluangkan waktu untuk mengisi ulang tenaga serta menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman agar Anda tidak kelelahan dan stres.

Berikut 8 tips untuk menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan selama WFH yang telah dilansir dari insidetucsonbusiness.com:

1. Melakukan Aktivitas Secara Terorganisir
Rencanakan hari kerja Anda sebelumnya dan prioritaskan tugas mendesak yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. Jika Anda cenderung bekerja lebih baik di pagi hari, mulailah tugas-tugas ini terlebih dahulu sebelum melakukan panggilan telepon atau menjawab email.

2. Atur Waktu
Hitung berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk setiap tugas sepanjang hari di rumah. Perhatikan waktu untuk melakukan kegiatan yang kurang penting, seperti membuka aplikasi media sosial atau mengobrol dengan rekan kerja. Cobalah erusaha untuk menghilangkannya dari jadwal Anda untuk memaksimalkan produktivitas.

3. Hindari Kegiatan Multitasking
Fokus pada satu tugas pada satu waktu sehingga Anda dapat menyelesaikannya lebih cepat. Tutup semua tab browser lainnya dan kerjakan satu proyek dari bagian atas daftar tugas Anda.

4. Jangan Terlalu Berkomitmen Pada Satu Pekerjaan
Bicaralah jika Anda merasa tenggelam dalam satu pekerjaan. Tidak apa-apa untuk meminta bantuan dari rekan kerja.

5. Batasi Rapat
Lakukan yang terbaik untuk hanya menghadiri pertemuan yang benar-benar perlu diikuti. Dengan membatasi jumlah rapat dalam sehari, Anda akan membebaskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan penting.

6. Turunkan Tingkat Stres
Pertimbangkan untuk berjalan-jalan selama istirahat makan siang atau hanya menjauh dari meja Anda untuk berjalan-jalan sebentar di lorong untuk menjernihkan pikiran Anda. Meluangkan waktu untuk diri sendiri penting dalam mengurangi stres dan menciptakan keseimbangan kerja atau hidup yang baik.

7. Tidur Lebih Lama
Kurang tidur akan sangat membantu meningkatkan stres. Alih-alih mengandalkan kafein untuk membangunkan Anda di pagi hari, cobalah tidur sedikit lebih awal untuk bangun dengan perasaan segar.

8. Berlibur
Membuat jadwal liburan tahunan wajib hukumnya. Beristirahat dari kesibukan sehari-hari tidak hanya sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik Anda, tetapi juga akan membantu meningkatkan produktivitas Anda ketika Anda kembali ke kantor. Selama pandemi, Anda dan keluarga bisa memilih jenis liburan yang tidak berada di keramaian, misalnya staycation di villa atau hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro