Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Cara Alami Meningkatkan Imun Tubuh

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menjaga imun tubuh selama pandemi virus corona, guna mencegah adanya infeksi penyakit.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 16 Juni 2021  |  14:38 WIB
Imun tubuh bisa ditingkatkan dengan olahraga./ANTARA FOTO - Iggoy el Fitri
Imun tubuh bisa ditingkatkan dengan olahraga./ANTARA FOTO - Iggoy el Fitri

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh manusia memiliki sistem daya tahan atau sistem imun untuk menangkal penyakit dan virus corona yang menjadi pandemi.

Namun bukan berarti Anda hanya mengandalkan imun tubuh Anda. Imun tubuh juga perlu dijaga dan ditingkatkan. Berikut 8 cara untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh secara alami, dilansir dari Healthline, Rabu (16/6/2021):

1. Tidur yang cukup

Faktanya, kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Idealnya orang dewasa membutuhkan 7 jam atau lebih tidur setiap malam, sementara remaja membutuhkan 8-10 jam dan anak-anak dan bayi hingga 14 jam. 

2. Konsumsi lebih banyak makanan nabati

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu Anda melawan patogen berbahaya.

Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin C untuk menurunkan risiko terserang penyakit.

3. Makan lebih banyak lemak sehat

Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon, dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap patogen dengan mengurangi peradangan. 

4. Perbanyak mengonsumsi makanan fermentasi 

Makanan fermentasi kaya akan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik, yang mengisi saluran pencernaan Anda. Kandungan probiotik dapat ditemukan dalam yogurt, asinan kubis, kimchi, kefir, dan natto.

5. Batasi konsumsi gula

Gula berlebih dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung, dimana semuanya dapat menekan sistem kekebalan Anda. Menurunkan asupan gula adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi peradangan dan risiko kondisi ini.

6. Olahraga 

Olahraga adalah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Namun perlu diperhatikan olahraga berlebih justru dapat menekan kekebalan imun tubuh. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan hingga sedang termasuk jalan cepat , bersepeda stabil, jogging, berenang, dan hiking ringan.

7. Tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan penyakit kompleks bagi tubuh seseorang. Untuk itu perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Minumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda bukan hanya ketika Anda sedang haus.  

8. Kelola tingkat stres

Menghilangkan stres dan kecemasan adalah kunci untuk kesehatan kekebalan tubuh. Anda dapat melakukan meditasi, yoga, olahraga, dan praktik untuk menjaga kondisi stres.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres Virus Corona Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top