Imun tubuh bisa ditingkatkan dengan olahraga./ANTARA FOTO/Iggoy el Fitri
Health

8 Cara Alami Meningkatkan Imun Tubuh

Yuliana Hema
Rabu, 16 Juni 2021 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh manusia memiliki sistem daya tahan atau sistem imun untuk menangkal penyakit dan virus corona yang menjadi pandemi.

Namun bukan berarti Anda hanya mengandalkan imun tubuh Anda. Imun tubuh juga perlu dijaga dan ditingkatkan. Berikut 8 cara untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh secara alami, dilansir dari Healthline, Rabu (16/6/2021):

1. Tidur yang cukup

Faktanya, kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Idealnya orang dewasa membutuhkan 7 jam atau lebih tidur setiap malam, sementara remaja membutuhkan 8-10 jam dan anak-anak dan bayi hingga 14 jam. 

2. Konsumsi lebih banyak makanan nabati

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu Anda melawan patogen berbahaya.

Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin C untuk menurunkan risiko terserang penyakit.

3. Makan lebih banyak lemak sehat

Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon, dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap patogen dengan mengurangi peradangan. 

4. Perbanyak mengonsumsi makanan fermentasi 

Makanan fermentasi kaya akan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik, yang mengisi saluran pencernaan Anda. Kandungan probiotik dapat ditemukan dalam yogurt, asinan kubis, kimchi, kefir, dan natto.

5. Batasi konsumsi gula

Gula berlebih dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung, dimana semuanya dapat menekan sistem kekebalan Anda. Menurunkan asupan gula adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi peradangan dan risiko kondisi ini.

6. Olahraga 

Olahraga adalah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Namun perlu diperhatikan olahraga berlebih justru dapat menekan kekebalan imun tubuh. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan hingga sedang termasuk jalan cepat , bersepeda stabil, jogging, berenang, dan hiking ringan.

7. Tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan penyakit kompleks bagi tubuh seseorang. Untuk itu perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Minumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda bukan hanya ketika Anda sedang haus.  

8. Kelola tingkat stres

Menghilangkan stres dan kecemasan adalah kunci untuk kesehatan kekebalan tubuh. Anda dapat melakukan meditasi, yoga, olahraga, dan praktik untuk menjaga kondisi stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro