Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penting, Rekomendasi Makanan Terbaik Berdasarkan Usia

Makanan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti sumber energi, membantu pertumbuhan tubuh, menghangatkan tubuh, melindungi organ penting di dalam tubuh, memperbaiki jaringan tubuh hingga menjadi antibodi tubuh.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 22 Juni 2021  |  17:00 WIB
Penting, Rekomendasi Makanan Terbaik Berdasarkan Usia
Kebanyakan orang mendapatkan banyak protein, yang membantu tubuh Anda membangun dan menyembuhkan otot. - anugerahpesonaindonesia.com\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anda tentu memerlukan makanan yang bergizi untuk menjalankan metabolisme dan menjaga kestabilan tubuh Anda. Berbagai sumber makanan bisa Anda peroleh dari hewan dan tumbuhan.  Anda membutuhkan semua unsur tumbuhan dan hewan untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

Makanan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti sumber energi, membantu pertumbuhan tubuh, menghangatkan tubuh, melindungi organ penting di dalam tubuh, memperbaiki jaringan tubuh hingga menjadi antibodi tubuh.

Agar manfaat makanan lebih maksimal bekerja di dalam tubuh Anda, ada baiknya untuk mengetahui bahan makanan yang baik dikonsumsi berdasarkan usia Anda. Ini dikarenakan setiap usia, bahkan individu memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Melansir WebMD, Selasa (22/6/2021), berikut rekomendasi makanan berdasarkan usia Anda.
 
Di usia 20-an:

1. Makanan dengan Protein

Kebanyakan orang mendapatkan banyak protein, yang membantu tubuh Anda membangun dan menyembuhkan otot. Tetapi orang-orang muda yang aktif, terutama mereka yang berolahraga, mungkin membutuhkan lebih banyak. Sumber yang baik termasuk daging tanpa lemak, ikan, dan produk susu, serta sumber nabati seperti kacang-kacangan, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tahu. Tahu memiliki manfaat tambahan berupa banyak serat, yang merupakan sesuatu yang bisa digunakan lebih banyak oleh orang muda dalam makanan mereka.

2. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar pilihan tubuh Anda untuk energi. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh Anda untuk dipecah dan dicerna, memberi Anda lebih banyak energi dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sumber yang baik dari ini termasuk kacang-kacangan, quinoa, oatmeal, dan roti gandum.

3. Makanan Kaya Kalsium

Kalsium dapat membantu memperkuat tulang dan gigi Anda. Ini sangat penting selama usia 20-an, ketika tulang Anda mencapai ukuran dan kekuatan maksimumnya. Produk susu seperti susu, yogurt, kefir (minuman susu fermentasi yang memiliki tekstur yogurt tipis), keju cottage, dan keju rendah lemak adalah sumber kalsium yang baik. Mereka juga memiliki nutrisi penting lainnya, seperti vitamin D, potasium, dan protein.

4. Makanan Kaya Zat Besi

Zat besi membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda dan memberi Anda energi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Saat itulah darah Anda tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen sebagaimana mestinya. Wanita muda cenderung rendah zat besi, tetapi makanan seperti kacang-kacangan, kismis, bayam, dan daging merah tanpa lemak dapat membantu. Jangan mengonsumsi suplemen zat besi kecuali dokter Anda menyarankannya.

Di usia 30-an:

1. Bok Choy

Kebanyakan orang dewasa tidak cukup makan buah dan sayuran, jadi ada baiknya untuk menghitung jumlah yang Anda makan. Pembangkit tenaga nutrisi ini memberi Anda banyak keuntungan. Seperti sayuran berdaun hijau gelap lainnya, bok choy adalah sumber vitamin K dan C yang baik, folat, selenium, beta karoten (yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A), antioksidan, dan quercetin  juga mengandung magnesium, potasium, dan kalsium. Untuk twist, cobalah memanggangnya.

2. Ikan Berlemak

Asam lemak Omega-3 adalah nutrisi yang melindungi otak dan jantung Anda. Mereka sangat penting bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui, karena banyak wanita berusia 30-an. Ikan yang rendah merkuri adalah sumber Omega-3 yang bagus, seperti salmon (kalengan atau segar), sarden, dan trout air tawar.

Di usia 40-an:

1. Makanan Fermentasi

Usus Anda memiliki hubungan yang erat dengan sistem kekebalan dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Seiring bertambahnya usia, itu bahkan lebih penting. Makanan yang mengandung probiotik (bakteri baik) dan prebiotik alami (makanan untuk bakteri baik) dapat membantu menjaga kesehatan usus Anda. Sumber probiotik yang baik termasuk yogurt, kimchi, dan asinan kubis. Makanan dengan prebiotik termasuk bawang merah, bawang putih, daun bawang, asparagus, artichoke, kacang-kacangan, dan makanan gandum.

2. Buah dan Sayuran Cerah

Buah-buahan yang berwarna gelap, maupun yang berwarna cerah, memiliki antioksidan. Mereka membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang dapat menyebabkan kondisi serius, seperti kanker, seiring bertambahnya usia. Buah-buahan dan sayuran dalam berbagai warna - jingga, ungu, merah, kuning, hijau, biru - dapat memberi Anda berbagai macam nutrisi dan menyiapkan panggung untuk kesehatan yang baik di tahun-tahun berikutnya.

3. Gandum Utuh

Ini adalah sumber serat yang baik, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dipasangkan dengan protein dan produk tanpa lemak, biji-bijian adalah bagian penting dari diet seimbang. Sebagian besar biji-bijian memiliki manfaat tambahan nutrisi lain.

Di usia 50-an:

1. Sayuran Berserat Tinggi

Mengonsumsi serat dapat membantu Anda tetap teratur. Itu penting seiring bertambahnya usia. Sayuran berserat tinggi, seperti brokoli, kembang kol, kubis Brussel, dan kubis, sangat cocok untuk dikonsumsi. Mereka juga memiliki banyak air, yang membuat serat bekerja lebih baik.

2. Kunyit

Studi menunjukkan bahwa beberapa ekstrak kunyit dapat membantu meringankan rasa sakit dan masalah lain yang terkait dengan osteoartritis. Itu adalah bentuk umum radang sendi yang biasanya dimulai setelah usia 50 tahun dan biasanya menyerang tangan, pinggul, dan lutut Anda. Para ahli juga terus mengeksplorasi apakah ekstrak ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengelola depresi. Anda bisa menaruh kunyit pada sayuran, atau daging seperti ayam dan ikan. Anda juga bisa menggunakannya sebagai bagian dari rendaman. Bahkan ada resep untuk teh kunyit.

3. Protein Berbasis Tanaman

Mendapatkan lebih banyak protein Anda dari tumbuhan daripada hewan menurunkan jumlah lemak jenuh dalam makanan Anda. Itu bisa menurunkan peluang Anda terkena kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Kacang-kacangan dan lentil juga memberi Anda magnesium, potasium, zat besi, folat, dan serat dan dapat membantu melindungi sel-sel Anda. Untuk rasa daging, coba tambahkan tahu yang sudah dihaluskan atau kacang tanah.

4.  Telur

Kolin adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk fungsi-fungsi penting seperti memori, kontrol otot, keseimbangan suasana hati, dan pemecahan lemak. Pria yang berusia lebih dari 50 tahun membutuhkan 550 miligram dan wanita membutuhkan 425 miligram per hari, tetapi kebanyakan orang cenderung mendapatkan jauh lebih sedikit dari itu. Telur adalah sumber makanan kolin terbaik.

Di usia 60-an keatas:

1. Minyak Zaitun

Kesehatan jantung sangat penting di tahun-tahun ini, dan minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik, yang membantu melindungi jantung Anda - dan juga otak Anda. Sedikit percikan juga menambah banyak rasa. Coba masukkan sayuran ke dalamnya, lalu tambahkan bumbu atau rempah segar favorit Anda dan panggang pada suhu 425 F selama 25 hingga 30 menit.

2. Berries

Stroberi dan blueberry mengandung antosianin yang tinggi. Itu adalah bahan kimia yang membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga pembuluh darah tetap sehat. Mereka juga secara alami manis tetapi rendah gula, jadi mereka dapat menjadi camilan yang enak. Sebaiknya Anda mengonsumsinya setidaknya dua atau tiga kali seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan berserat makanan sehat
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top