Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengapa Covid Mencari Manusia, Benarkah Orang Sehat Tidak Akan Jadi Penular?

Virus akan selalu mencari inang tempat dia menumpang hidup. Oleh karena itu, tentu yang ia cari adalah makhluk hidup, dalam hal ini manusia.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 29 Juni 2021  |  07:50 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah berita palsu atau hoaks masih kerap beredar terkait penyebaran Covid-19. Selain hoaks yang terkesan menakut-nakuti ada juga berita palsu yang terkesan memberikan rasa aman, tapi sesungguhnya menjerumuskan.

Di antara infomasi yang menjerumuskan itu adalah pesan yang jika dibaca selintas akan membuat masyarakat percaya bahwa orang sehat tidak mungkin menularkan Covid-19.

Pesan yang ingin dibangun dari informasi menyesatkan ini adalah hanya penderita Covid-19 yang bisa menularkan penyakit akibat virus Corona tersebut kepada orang lain.

Jika hanya membandingkan dengan penyakit lain di dunia yang terjadi karena interkasi penderita dengan orang sehat, informasi palsu di atas seakan ada benarnya.

Namun, yang perlu dipahami, Covid-19 ini tersebar karena adanya virus dan virus ini tidak pernah pandang bulu. Virus penyebab Covid-19 akan menempel kepada benda apa pun, termasuk pakaian manusia yang sehat.

Jika masih mampu bertahan hidup, virus kemudian akan menular pada manusia lain yang berinteraksi dengan orang pertama yang ditempelinya.

Sang virus akan selalu mencari inang tempat dia menumpang hidup. Oleh karena itu, tentu yang ia cari adalah makhluk hidup, dalam hal ini manusia.

Fakta yang ada menunjukkan orang yang terinfeksi CovidO-19 namun tidak bergejala tetap bisa menularkan virus ke orang lain. Jadi, meskipun kita merasa berada dalam kondisi sehat, tidak ada gejala tertempeli virus Corona, kita tetap perlu waspada.

Itu sebabnya orang-orang dengan mobilitas tinggi perlu lebih waspada jangan sampai dirinya tertular dan menjadi agen penular Covid-19 kepada orang lain di sekitarnya.

Memproteksi diri dan orang sekitar dengan selalu menerapkan protokol kesehatan menjadi hal yang penting. Apalagi jika kita memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif.

Jika itu yang terjadi, segeralah lakukan isolasi mandiri dan test swab untuk memastikan kondisi dan perawatan selanjutnya. Ingatlah, Covid tidak cukup dideteksi hanya dengan mengandalkan perasaan.

Jadi, daripada kita terjerabak dalam perasaan seolah-olah sehat, lebih baik patuhi prokes dan jalankan prosedur kesehatan yang diperlukan.

#ingatpesanibu, #sudahdivaksintetap3m, #vaksinmelindungikitasemua


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona hoax Covid-19 swab test Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : BNPB/Kemkes

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top