Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bunda, Ini Camilan yang Bisa Melatih Motorik Anak

MPASI sendiri terbagi menjadi dua, yaitu makanan utama dan camilan. Camilan adalah unsur penting untuk kembang anak, terutama motoriknya.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 09 Juli 2021  |  19:01 WIB
Bunda, Ini Camilan yang Bisa Melatih Motorik Anak
Dokter Spesialis Anak dari Brawijaya Women and Children Hospital, dr. Attila Dewanti

Bisnis.com, JAKARTA — Dokter Spesialis Anak dari Brawijaya Women and Children Hospital, dr. Attila Dewanti mengatakan
makanan pendamping asi atau MPASI begitu penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

MPASI sendiri terbagi menjadi dua, yaitu makanan utama dan camilan. Camilan adalah unsur penting untuk kembang anak, terutama motoriknya.

"Makanan utama berperan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengajari bayi tekstur dari halus dan lebih kasar, sebelum kemudian dikenalkan dengan makanan keluarga. Lalu, di sela-sela makanan utama, anak juga memerlukan snack atau camilan," ujarnya pada keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (9/7/2021).

Attila juga menyebutkan usia anak 6 bulan tentunya sudah semakin siap dalam menerima makanan selain dari Air Susu Ibu
(ASI). Hal ini juga dikarenakan saluran cerna Si Kecil yang sudah siap menerima makanan semi padat.

Makanan utama dan snacking perlu diatur waktu dan porsinya oleh orang tua. Dengan begitu nutrisi harian anak tidak berlebihan dan tidak kurang.

Bentuk-bentuk camilan yang dikenalkan pada anak juga dapat mengasah perkembangan motoriknya. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilihkan camilan yang tepat sesuai dengan perkembangan bayi.

Camilan yang berbentuk bulat dapat menstimulasi pertumbuhan gigi. Lalu camilan yang bentuknya kecil dapat mengajari anak mencubit barang kecil. Kemudian, camilan yang lebih besar akan membuat anak belajar menggenggam dan makan
sendiri.

Pemberian MPASI bagi anak berusia 6 bulan merupakan periode penting bagi tumbuh kembangnya. Pada periode ini, anak mulai belajar  mengenal bentuk dan rasa makanan.

MPASI dan camilan sehat yang tepat dapat membantu anak mengembangkan kemampuan mencerna berbagai makanan dengan beragam jenis, rasa, tekstur, dan bentuk, serta beradaptasi dengan semua jenis makanan.

Pemberian MPASI dan camilan sehat ini juga melengkapi asupan nutrisi anak yang didapatkan dari ASI untuk pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan dan optimal.

Namun bukan hanya nutrisi yang harus diperhatikan dalam memilih MPASI, melainkan juga bagaimana MPASI bisa menstimulasi perkembangan motorik Si Kecil.

"Jadi bukan hanya makanan utama yang penting, tapi saat snacking juga bisa membantu Si Kecil terlatih motoriknya,” tutup Attila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak mpasi cemilan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top