Ilustrasi/Entrepreneur
Relationship

6 Hal yang Tidak Akan Pernah Dikatakan Bos Hebat kepada Karyawannya

Sartika Nuralifah
Senin, 12 Juli 2021 - 19:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi seorang boss atau atasan dalam sebuah perusahaan, bukan hanya sekadar menjadi penentu kebijakan.

Tapi, bos juga harus bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif bagi karyawannya.

Tidak semua bos bisa bersikap layaknya seorang pemimpin. Banyak yang bersikap tidak menghargai karyawannya yang membuat mereka kurang dihargai.

Bos yang hebat, seyogyanya adalah yang bisa dihargai dan menghargai karyawannya.

Menurut Times of India, jika atasan Anda seorang bos yang hebat, maka dia tidak akan pernah mengatakan hal berikut ini pada karyawannya:

1."Kamu beruntung punya pekerjaan"

Jika karyawan Anda menolak pekerjaan yang diberikan, carilah alasannya. Miliki sikap empati terhadap karyawan Anda. Tanyakan secara baik-baik mengapa mereka tidak mau mengambil pekerjaan ini. Jangan pernah membuat pernyataan yang mungkin menyakitkan bagi karyawan Anda.

2. "Saya bos dan Anda harus melakukan apa yang saya katakan"

Sekalipun Anda seorang bos, Anda harus menghormati semua orang yang ada di tempat kerja. Mengatakan pernyataan seperti ini termasuk hal yang tidak sopan dan cenderung merendahkan karyawan Anda. Akan lebih baik jika Anda buat mereka mengerti mengapa tugas itu perlu dikerjakan untuk kepentingan perusahaan dan karyawan.

3. "Saya kecewa"

Ini adalah ungkapan umum yang dikatakan orang tua kepada anak-anak mereka. Ini mungkin membuat karyawan Anda merasa seperti anak kecil. Anda dapat memberikan saran yang membangun kepada karyawan Anda daripada mengatakan kecewa pada mereka.

4. "Aku bosmu dan aku selalu benar"

Tak seorang pun yang ingin merasa bahwa mereka bukan bagian dari tim. Tidak ada yang suka bekerja dalam sebuah tim dimana pendapat dan saran anggotanya tidak didengarkan. Karyawan tentu akan menyukai bos yang menghargai saran yang mereka berikan.

5. "Aku telah bekerja keras untuk ini"

Sebagai bos, Anda harus mengakui juga bahwa Karyawan Anda juga bekerja keras. Bersikaplah terbuka dan berikan apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan oleh karyawan.

6. "Kamu tidak bisa pergi berlibur lagi"

Kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk dijaga. Jangan membuat karyawan Anda merasa bersalah tentang waktu yang mereka ambil untuk ketenangan mereka sendiri. Sebaliknya, Anda harus mendukung mereka untuk memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang baik.

"Kerja bagus hari ini"

Daripada mengatakan hal-hal tersebut di atas, ada baiknya Anda memberikan pujian padanya.

Sebagai bos, Anda sebenarnya dapat menghargai mereka karena melakukan apa yang mereka lakukan dengan benar. Ungkapkan apresiasi Anda dengan spesifik tentang apa yang mereka kerjakan dengan baik. Hal ini membuat karyawan Anda merasa bahwa Anda memperhatikan pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro