Gusi tak sehat/Istimewa
Health

Hati-hati, Infeksi Gusi Jadi Tanda Diabetes

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 16 Juli 2021 - 11:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ternyata, infeksi gusi atau dikenal sebagai periodontitis adalah salah satu tanda diabetes.

Tanda-tanda periodontitis parah seperti gusi berdarah saat menyikat atau mengunyah, gusi merah bengkak, gigi goyah atau garis gusi surut dan bau mulut.

Dilansir dari herwold, Jumat (16/7/2021) Dr konsultan senior di unit periodontik di National Dental Centre Singapore,
Chee Hoe Kit memberi tahu jika penderita diabetes berada pada risiko lebih tinggi terkena penyakit gusi.

Hal itu karena kemampuan penyembuhan luka yang buruk dan kerentanan dalam tertular infeksi.

Sifat diabetes yang ringan atau asimtomatik selama tahap awal, banyak individu menderita kondisi ini selama beberapa tahun sebelum didiagnosis.

"Oleh karena itu, gejala oral diabetes seperti penyakit periodontal mungkin sudah ada, dan periodontitis parah bisa menjadi tanda bahwa individu tersebut mungkin memiliki diabetes yang tidak diketahui, ”katanya.

Dia menambahkan bahwa identifikasi dini pasien yang berisiko tinggi diabetes atau yang menderita diabetes mellitus dapat di cegah.

Sebagai langkah-langkah untuk mencegah atau menunda perkembangan dapat diimplementasikan dalam tepat waktu.

Seorang dokter gigi kemungkinan akan merujuk pasien ke dokter medis untuk menguji diabetes jika pasien memiliki penyakit periodontal yang parah.

Lalu dokter umum akan menanyakan apakah pernah menjalani pemeriksaan kesehatan dalam satu sampai dua tahun terakhir, dan memiliki riwayat keluarga diabetes atau riwayat kehamilan.

Saat ini, perawatan untuk penyakit gusi adalah sesuatu yang disebut terapi periodontal, yang melibatkan scaling, polishing dan root planing.

Bahkan dilakukan menyeluruh dari permukaan akar gigi yang terkontaminasi dengan plak bakteri dan deposit kalkulus di bawah garis gusi.

Dr Chee menyarankan cara terbaik untuk menjaga kesehatan mulut adalah mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pembersihan gigi profesional setiap tahun.

Lalu selalu perbarui informasi tentang kadar glukosa darah terbaru dari dokter umum sebelum pergi mengunjungi dokter gigi.

"Sikat gigi Anda dengan teknik yang tepat setidaknya dua kali sehari, dan gunakan alat bantu kebersihan mulut interdental seperti benang atau sikat interdental untuk membersihkan sela-sela gigi secara menyeluruh,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro