Cedera lutut. /Bisnis.com
Health

Saat Cedera Lebih Baik Kompres Air Dingin atau Panas? Kenali Perbedaannya

Rika Anggraeni
Senin, 19 Juli 2021 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mengobati nyeri dengan kompres panas dan dingin telah menjadi tradisi lama. Metode ini dapat membantu untuk mengendalikan rasa sakit, peradangan, pembengkakan, dan kekakuan pada rasa sakit dan cedera.

Pada dasarnya, penggunaan kompres panas digunakan untuk nyeri dan kekakuan otot kronis. Sementara kompres dingin untuk peradangan dan pembengkakan. Akan tetapi, dokter dapat meresepkan kombinasi dari dua terapi tergantung pada cedera seseorang.

Melansir dari Times of India pada Senin (19/7/2021), berikut jenis dan waktu harus menggunakannya:

  1. Terapi Panas (Termoterapi)

Terapi ini idealnya digunakan pada nyeri kronis, nyeri sendi, dan kekakuan. Cara menggunakannya disarankan untuk mandi air panas sebelum melakukan kegiatan fisik apa pun karena dapat melemaskan otot.

Terapi panas tidak boleh diterapkan pada luka akut dengan peradangan, karena disebabkan oleh pendarahan di jaringan. Membiarkan panas ke daerah yang terluka akan meningkatkan aliran darah sehingga memperburuk situasi. Oleh sebab itu, terapi panas harus diterapkan dalam situasi berikut:

- Strain

- Keseleo

- Osteoartritis

- Iritasi kronis dan kekakuan pada tendon

- Pemanasan otot atau jaringan yang kaku sebelum beraktivitas

- Menghilangkan rasa sakit jika terjadi cedera leher atau punggung, termasuk punggung bagian bawah

Untuk penggunaannya, suhu kompres panas haruslah hangat. Ada berbagai cara untuk menerapkan kompres panas, di antaranya:

- Panas kering: Seperti bantalan pemanas listrik, botol air panas, dan sauna. Panas kering dapat diterapkan hingga 8 jam.

- Panas lembab: Seperti handuk kukus, paket pemanas lembab, atau mandi air panas. Ini lebih efektif daripada panas kering dan membutuhkan waktu lebih sedikit untuk menunjukkan hasil.

Terapi panas dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Disarankan untuk menggunakan terapi panas selama 15 sampai 20 menit pada luka ringan. Cedera sedang hingga parah membutuhkan terapi panas yang lebih lama, seperti mandi air hangat.

Sementara untuk wanita hamil dan penderita diabetes, dermatitis, penyakit pembuluh darah, deep vein thrombosis, multiple sclerosis (MS) harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menerapkan terapi panas karena mereka berisiko lebih tinggi mengalami luka bakar dan komplikasi.

  1. Terapi Dingin (Krioterapi)

Terapi ini paling efektif dalam waktu 48 jam setelah cedera. Terapi ini mengobati sendi atau otot yang bengkak, dan meradang yang harus diterapkan dalam kasus-kasus seperti:

- Osteoartritis

- Cedera baru-baru ini

- Encok

- Strain

- Iritasi pada tendon setelah aktivitas

- Migrain

Ada berbagai cara untuk menerapkan kompres dingin ke area yang terluka, di antaranya:

- Produk cryotherapy: Ini termasuk produk seperti paket es, semprotan pendingin dan pijat es

- Peregangan cryo: Gunakan suhu dingin untuk mengurangi kejang otot selama peregangan

- Cryokinetics: Jenis terapi ini menggabungkan pengobatan dingin dan olahraga aktif. Ini adalah alat yang berguna dalam kasus keseleo ligament

- Mandi es: Ini merupakan bentuk lain dari cryotherapy

Untuk hasil yang lebih baik, oleskan kompres es yang dibungkus handuk ke area yang terluka beberapa kali sehari. Anda tidak boleh mengoleskan es lebih dari 20 menit karena dapat merusak saraf, kulit, dan jaringan.

“Orang dengan penyakit jantung harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menerapkan kompres dingin. Jika terapi dingin tidak berhasil dalam 48 jam, konsultasikan dengan dokter.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro