Ilustrasi shower/istimewa
Health

5 Manfaat Mandi Menggunakan Air Panas

Redaksi
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Tidak hanya sekadar rutinitas harian untuk membersihkan tubuh, mandi air panas juga dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. 

Baik mandi menggunakan air dingin maupun air hangat, keduanya memiliki manfaat kesehatan tersendiri bagi tubuh. 

Mandi menggunakan air panas memiliki beragam manfaat kesehatan, mulai dari membantu tidur nyenyak, hingga meredakan nyeri sendi atau otot. Hal ini karena ketika mandi menggunakan air panas tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang membuat tubuh merasa lebih nyaman dan rileks.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (28/10/2023), berikut adalah 5 manfaat mandi menggunakan air panas:

1. Meredakan ketegangan otot

Tidak ada yang lebih baik daripada berendam air hangat untuk meredakan ketegangan otot dan nyeri tubuh. Jika Anda bertanya-tanya tentang berendam air panas atau air dingin setelah berolahraga, maka jawabannya adalah berendam air panas. Air panas secara efektif meredakan kelelahan otot dan mencegah rasa sakit yang muncul setelah berolahraga.

2. Baik untuk kulit

Mandi air panas bermanfaat bagi kulit karena uapnya dapat membuka pori-pori dan membersihkan minyak serta kotoran yang terperangkap di bawahnya. 

Selain itu, mandi dengan air panas dipercaya mampu membantu melembabkan kulit. Berdiri di bawah pancuran air panas dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerutan pada kulit. Namun, para ahli berpendapat bahwa hal ini sebenarnya dapat memberikan efek epidermis yang baik.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Mandi air panas dapat meningkatkan kualitas tidur karena air panas dapat membuat otot-otot tubuh rileks dan membantu otak melepaskan hormon melatonin. 

4. Meredakan gejala pilek atau pernapasan

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa berdiri di bawah pancuran air panas dengan uap dapat membantu melancarkan saluran pernapasan, mengencerkan dahak dalam sistem pernapasan, dan melegakan saluran hidung.

5. Menurunkan gula darah 

Penelitian menemukan bahwa mandi air panas dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan membakar kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro