Dekan Fakultas Kedokteran Universias Indonesia Ari Fahrial Syam/fk.ui.ac.id
Health

Dekan FKUI : Bertemu Orang Tua di Rumah, Wajib Pakai Masker

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 21 Juli 2021 - 08:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengatakan semua orang wajib memakai masker saat di rumah dan bertemu orang tua.

Hal itu berdasarkan hasil penelitian FKUI yang menemukan fakta bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 jumlah yang meninggal prosentasenya paling tinggi terjadi pada orang di atas usia 70 tahun.

Menurut data tersebut, angka kematian orang di atas usia 70 tahun sebesar 30,11 persen, usia 50-69 tahun sebesar 14,70 persen, 20-49 tahun sebesar 3,38 persen.

"Pesan penting untuk kita semua, orang tua tertular dari kita, karena itu, WAJIB pakai masker di rumah saat ketemu orang tua kita," tulisnya di akun twitternya.

Studi tersebut menggunakan analisis data dari rekapitulasi Surveilans Epidemiologi (ES) yang sedang berlangsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta dari 2 Maret hingga 27 April 2020. Kami mengevaluasi karakteristik demografi dan klinis dari semua kasus yang dikonfirmasi terkait dengan kematian.

Hasil dari studi

Dari 4.052 pasien, 381 (9,4%) pasien meninggal. Analisis multivariabel menunjukkan bahwa kematian dikaitkan dengan usia yang lebih tua dengan adanya peningkatan per tahun.

Penyebab kematian yakni dispnea, pneumonia, dan hipertensi yang sudah ada sebelumnya.

Kematian tertinggi terjadi pada minggu 6 April 2020 dan menurun pada minggu-minggu berikutnya, setelah pembatasan sosial berskala besar dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro