Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Perawatan Diri untuk Tubuh yang Lebih Sehat dan Bahagia

Selama pandemi, kesehatan mental Anda mungkin perlu diperhatikan dan bicaralah dengan dokter bila mengalami tanda-tanda kecemasan.
Anissa Putri
Anissa Putri - Bisnis.com 29 Juli 2021  |  15:08 WIB
Ilustrasi - Testube
Ilustrasi - Testube

Bisnis.com, JAKARTA – Selama adanya pandemi Covid-19, kesehatan fisik menjadi fokus utama setiap orang. Seiring dengan menjaga kesehatan fisik, mempertimbangkan aspek lain seperti kesejahteraan diri juga merupakan hal penting dalam hidup. 

Sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai atau berkomitmen kembali pada perawatan diri sendiri. Dokter spesialis penyakit dalam, Bimal Ashar melalui laman hopkinsmedicine.org telah memberikan tips keselamatan, kesehatan, dan perawatan diri yang bisa dilakukan oleh seluruh orang mulai dari sekarang. 

  1. Jaga Keamanan Keluarga dengan Tetap Waspada saat Pandemi

Semakin hari, semakin banyak orang yang telah divaksinasi, namun tindakan pencegahan Covid-19 tetap penting dilakukan. Tetap jaga jarak saat berkumpul di dalam ruangan dengan orang lain yang divaksinasi lengkap.

Apabila ada aktivitas di luar ruangan, tetap gunakan masker dan jaga jarak fisik. Masker tetap harus dipakai di tempat umum, di tempat kerja dan saat berkumpul dalam jumlah sedang atau besar.

  1. Lakukan Olahraga dan Peregangan pada Tubuh

Ada ratusan cara untuk berolahraga yang bisa dilakukan oleh hampir semua orang selama di rumah, diantaranya yoga kursi, menari, berjalan, berenang, atau berlari. Jika memilih untuk pergi ke gym, jangan lupa kenakan masker selama berolahraga.

Saat melakukan work from home (WFH), duduk terlalu lama dapat menyebabkan nyeri punggung yang membuat tidak nyaman selama bekerja.

Coba atur alarm bangun dari kursi atau sofa setiap beberapa jam dan lakukan peregangan yang lambat dan aman untuk membantu sirkulasi, konsentrasi, dan kenyamanan. Hindari mengambil barang yang terlalu berat, dan jika Anda berlari atau berolahraga secara teratur, periksa sepatu olahraga Anda dan pastikan sepatu tersebut masih memberikan bantalan yang memadai.

  1. Makan Makanan yang Mengandung Nutrisi yang Baik

Makanan cepat saji dan camilan olahan terlalu mudah didapat saat Anda sedang terburu-buru atau stres. Mulailah dari yang kecil dengan mengganti satu camilan junk food setiap hari untuk sesuatu yang sehat seperti yogurt, sayuran segar, atau sepotong buah segar. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung tinggi gula dan menggantinya dengan air yang ditambahkan dengan irisan buah segar.

  1. Penting Menjaga Kesehatan Mental 

Selama pandemi, kesehatan mental Anda mungkin perlu diperhatikan. Bicaralah dengan dokter Anda dan dapatkan bantuan segera jika Anda mengalami tanda-tanda kecemasan, gangguan tidur, atau depresi yang terus-menerus. Anda juga berhak mendapatkan manfaat dari meluangkan waktu untuk bernapas dan fokus.

Beri waktu beberapa menit setiap hari di luar ruangan memberi Anda angin segar dan kesempatan untuk terhubung kembali dengan alam dan merasa lebih terpusat.

Melakukan dekorasi ulang pada rumah Anda dapat memperbaiki suasana hati dan menjaga kestabilan mental seseorang. Mengubah tanaman dalam ruangan, menggunakan lilin wangi, memajang karya seni baru, foto orang terkasih, atau meletakkan seikat bunga dalam wadah warna-warni dapat menyegarkan lingkungan dan meningkatkan suasana hati Anda saat masa pandemi.

  1. Jaga Kesehatan Jantung dan Penyakit Bawaan Lainnya

Berkomitmen kepada kesehatan Anda sangat penting dilakukan demi mencegah hal yang tidak diinginkan selama pandemi. Penting untuk selalu menjaga kesehatan jantung dengan cara memeriksakan tekanan darah dan mengetahui perkiraan indeks massa tubuh (BMI).

Tes darah sederhana dapat mengungkapkan beberapa faktor yang dapat menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang lebih tinggi. dan beberapa di antaranya mungkin dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup.

Selain itu, lakukanlah pemeriksaan kesehatan seperti medical check up secara teratur. Jika Anda menunda tes rutin berdasarkan faktor risiko individu Anda, inilah saat yang tepat untuk kembali ke jadwal. Tes yang tepat dapat membantu memberi Anda dan dokter Anda peringatan dini jika kesehatan Anda berubah selama masa pandemi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga stres cemas kesehatan mental
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top