Ilustrasi obesitas/Istimewa
Health

Pasien Covid-19 Obesitas Rentan Alami Kondisi Parah

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 2 Agustus 2021 - 17:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA —Selama setahun terakhir, banyak penelitian telah dilakukan untuk menunjukkan dengan tepat semua berbagai faktor risiko terkait Covid-19.

Berdasarkan usia, kondisi yang sudah ada sebelumnya, ras, termasuk status sosial ekonomi diteliti untuk mengetahui lebih dalam tentang keganasan virus tersebut.

Meskipun beberapa faktor risiko tidak dapat dikendalikan, ada beberapa yang sebenarnya dapat diperbaiki. Dan jika tidak diobati, justru membuat siapapun tiga kali lebih mungkin meninggal karena virus jika terinfeksi.

Dan, mereka yang obesitas ternyata lebih mungkin memiliki kondisi yang para saat tertular Covid-19.

Dilansir dari eatthis, Senin (2/8/2021) menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal AHA Circulation, orang yang menderita obesitas lebih mungkin dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Orang obesitas akan alami peningkatan risiko infeksi parah, dan lebih mungkin meninggal tanpa memandang usia.

Seorang kardiologi di UT Southwestern Medical Center di Dallas, Hendren mengatakan orang yang lebih muda sering berpikir bahwa mereka tidak terkalahkan dari Covid-19. Maka dilakukan penelitian untuk membuktikannya.

Studi ini melihat data dari pasien Covid-19 yang dirawat di 88 rumah sakit AS yang mengambil bagian dalam AHA's Covid-19 Cardiovascular Disease Registry,

Dan hasilnya hasilnya begitu mencolok untuk orang dewasa muda yang obesitas.

"Jika Anda berusia 20-an atau 30-an atau 40-an, Anda tidak tahan serangan Covid-19 jika Anda mengalami obesitas parah," ujarnya Hendren.

Mereka tidak hanya menemukan bahwa obesitas adalah faktor risiko yang jelas, tetapi risiko meningkat dengan BMI. Mereka yang dikategorikan sebagai sangat gemuk dengan BMI 40 atau lebih memiliki risiko lebih dari dua kali lipat untuk dipasangi ventilator. Dan risiko kematian 26% lebih tinggi dibandingkan dengan pasien dengan berat badan normal.

Mereka juga menemukan bahwa hubungan dengan kematian paling kuat terjadi pada orang dewasa yang lebih muda. Pasien di bawah 50 tahun dengan obesitas parah memiliki risiko kematian 36% lebih tinggi dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang memiliki berat badan normal.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lebih dari 42 persen orang dewasa AS mengalami obesitas, dan jumlahnya terus meningkat.

Obesitas adalah penyakit kronis yang umum, serius, dan mahal. Memiliki obesitas menempatkan orang pada risiko banyak penyakit kronis serius lainnya dan meningkatkan risiko penyakit parah akibat Covid-19.

Agar terhindar dari gejala berat Covid-19, maka individu harus menghindari obesitas. Cara sederhananya mencegah obesitas dengan meningkatkan kesehatan mereka melalui diet, kebugaran, tidur, dan keterampilan mengatasi stres.

Jika Anda termasuk dalam parameter obesitas, jangan mengulur waktu lebih untuk mendiskusikan kesehatan Anda dengan MD dan mengambil tindakan untuk meningkatkan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro