Beberapa gejala sinusitis antara lain sakit kepala, gejala flu lebih dari seminggu, warna lendir berubah, dan nyeri pada wajah dan area sinus (rongga udara dibalik tulang wajah). /rsmitrakeluargategal
Health

Gejala Covid-19 vs Sinusitis, Kenali Perbedaannya!

Rika Anggraeni
Selasa, 3 Agustus 2021 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perubahan cuaca dan alergi dapat mempengaruhi siapa saja. Orang-orang yang memiliki riwayat sinusitis semakin khawatir dengan munculnya virus Covid-19. Pasalnya, gejala Covid-19 dan sinusitis hampir mirip.

Penting untuk membedakan antara sinusitis dan Covid-19 untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar. Sinusitis terkadang disebabkan karena infeksi, bakteri atau virus, dapat menyebabkan peradangan pada jaringan sinus.

Gejala infeksi sinus sangat mirip dengan gejala Covid-19 seperti pilek, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan demam. Lalu, bagaimana membedakan gejala Covid-19 dan sinusitis?

Mengutip dari Times of India, Selasa (3/8/2021), gejala umum dari infeksi sinus dan Covid-19, antara lain pilek, penyumbatan, demam, kelelahan, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

Namun, terdapat gejala yang membedakan infeksi sinus yang tidak terjadi pada pasien Covid-19, yakni sakit gigi, nyeri pada sinus (tulang pipi, kepala kuda dan bagian dalam mata), bau mulut. indera penciuman berkurang, lendir berwarna berbeda, dan tetes postnasal.

Perlu diketahui, bahwa tanda penting dari gejala sinus adalah rasa sakit pada sinus yang dikombinasikan dengan hidung berair dan tersumbat. Ini merupakan tanda pasti bahwa Anda menderita infeksi sinus.

Sedangkan pada Covid-19, Anda harus mewaspada tanda-tanda di antaranya kesulitan bernafas, sakit badan dan nyeri, mual, muntah, diare, serta kehilangan bau dan rasa.

Gejala infeksi sinus datang secara tiba-tiba, tetapi dalam kasus virus Covid-19 gejalanya berkembang seiring waktu, yaitu berkembang 2 hingga 14 hari setelah terinfeksi virus.

Sementara itu, sinusitis sebagian besar disebabkan setelah seseorang batuk atau flu dan lebih sering terjadi selama musim dingin, sedangkan Covid-19 dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun.

Untuk melindungi diri dari Covid-19 dan sinus, maka Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
1. Perbanyak konsumsi air putih
2. Makan-makanan sehat
3. Berolahraga secara teratur
4. Jaga kebersihan tidur
5. Jauhkan tangan dari mata, hidung, dan mulut
6. Vaksinasi
7. Sering cuci tangan.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro