Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gak Pake Ribet, Ini 5 Tanaman Hias yang Gampang Perawatannya

Ada banyak tanaman yang sangat mudah pemeliharaannya, dan hampir tumbuh subur meski Anda jarang mengurusnya.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 12 Agustus 2021  |  18:17 WIB
Snake Plant
Snake Plant

Bisnis.com, JAKARTA – Terkadang, sebagai pecinta dan pemilik tanaman hias, Anda mungkin tidak memiliki  ruang atau waktu untuk merawat tanaman Anda yang tumbuh dengan cepat.

Sementara tanaman ini mungkin ‘santai’ dalam hal kebutuhan cahaya dan air, mengurus tanaman hias bisa jadi sangat merepotkan, apalagi jika Anda juga sibuk mengurus hal lain dan memiliki waktu yang sedikit untuk mengurus tanaman.
 
Kabar baiknya, ada banyak tanaman yang sangat mudah pemeliharaannya, dan hampir tumbuh subur meski Anda jarang mengurusnya.

Sebetulnya, ada banyak rekomendasi tanaman yang mudah untuk dipelihara, tetapi melansir Apartment Therapy, Kamis (12/8/2021), mereka merekomendasikan lima tanaman hias ini untuk Anda.
 
1. Zamioculcas zamiifolia

Tanaman hias satu ini sering muncul di semua jenis daftar tanaman ‘terbaik’. Tidak membutuhkan banyak air, atau cahaya, dan merupakan salah satu tanaman hias tropis yang tumbuh paling lambat di pasaran. Ini menarik secara estetis (terlihat seperti persilangan lilin antara telapak tangan kecil dan pakis) dan hanya tumbuh setinggi sekitar empat kaki.
 
2. Snake plant

Sering dikategorikan sebagai tanaman "retro" berkat popularitasnya di tahun 1960-an dan 1970-an, snake plant atau yang sering kita sebut lidah mertua ini, dapat bertahan hidup untuk waktu yang lama tanpa air dan tumbuh dengan kecepatan yang sangat lambat. Anda akan melihat tanaman Anda hanya menghasilkan satu atau dua daun baru per musim tanam.
 
3. Cast iron plant

Aspidistra elatior, atau cast iron plant, adalah favorit era Victoria karena kemampuannya untuk berkembang dalam kondisi yang sangat buruk di rumah-rumah kelas menengah yang memiliki lampu pembakaran minyak (dan semua endapan berminyak yang menyertai teknologi baru). Jika mereka bisa membuatnya tumbuh di sana, mereka bisa membuatnya tumbuh di mana saja.
 
Berasal dari China, cast iron plant memiliki daun hijau tua yang tumbuh tegak. Mereka hanya akan mencapai ketinggian 28 inci atau lebih selama masa hidup mereka.
 
4. Dragon tree (Dracaena marginata)

Tanaman ini dapat ditemukan sebagai tanaman yang lebih muda, lebih kecil dan juga sebagai tanaman lantai yang lebih besar. Terlepas dari ukuran yang Anda bawa ke rumah Anda, yakinlah bahwa Dracaena marginata tidak akan tumbuh sangat cepat.
 
Asli Madagaskar ini tumbuh lambat dan toleran kekeringan. Anda mungkin memperhatikan seiring waktu bahwa tanaman menumpahkan daun dari bawah, ke atas, yang merupakan bagian dari pola pertumbuhan alami tanaman. Jadi, jangan panik.
 
5. Aglaonema

Dikenal sebagai cemara China, aglaonema tidak hanya tanaman yang sangat kuat, tetapi juga tumbuh lambat. Daun cemara Cina, tergantung pada varietasnya, bisa dari putih ke hijau ke merah dan banyak variasi di antaranya.
 
Tanaman yang tumbuh lambat cenderung memiliki dedaunan dalam nuansa hijau, sehingga cemara Cina sangat cocok untuk seseorang yang menginginkan tanaman berwarna-warni tetapi tidak ingin khawatir tentang perawatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hobi tanaman hias
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top