Minyak zaitun/tsmc.com.au
Health

Usia 50 Tahun ke Atas Wajib Konsumsi 5 Makanan Ini, Agar Jantung Sehat

Ni Luh Anggela
Senin, 16 Agustus 2021 - 17:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wanita lebih rentan terhadap penyakit jantung daripada pria. Dan seiring bertambahnya usia, risiko itu semakin memburuk. Faktanya, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada wanita di usia 50, dan risiko itu melonjak pada usia 55 tahun.
 
Diabetes, stres, depresi dan tekanan darah tinggi dapat membuat Anda lebih rentan terhadap masalah kesehatan jantung. Cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan menjalani gaya hidup yang seimbang. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur dan makan dengan baik, Anda dapat mengurangi risiko penyakit terkait jantung.
 
Stephanie Grasso, MS, RD, ahli diet klinis berbasis di Virginia, membagikan beberapa makanan sehat yang baik untuk jantung, yang harus Anda makan secara teratur di atas usia 50 tahun, melansir She Finds, Senin (16/8/2021).
 
1. Salmon/Tuna kalengan

Ikan berlemak, tinggi akan asam lemak omega-3 dan merupakan sumber protein yang baik yang rendah lemak jenuh. Grasso mengatakan, asam lemak omega-3 meningkatkan “kolesterol baik” (HDL) dalam tubuh Anda dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi dua 3,5 ons ikan per minggu. Menggunakan salmon sebagai protein pilihan Anda dalam salad atau sebagai sumber protein dalam makanan lainnya adalah cara yang bagus untuk memenuhi asupan ikan mingguan Anda. Tuna kalengan juga merupakan camilan yang bagus untuk hari kerja atau bisa Anda bawa ketika bepergian.
 
2. Oat

Kebanyakan biji-bijian juga tinggi serat larut, yang mengikat kolesterol dan menghilangkannya dari tubuh Anda. Grasso menyarankan, untuk mengkonsumsi serat 25 hingga 35 gram per hari (5 hingga 10 gram serat larut). Menambahkan makanan berserat tinggi dapat memperpanjang rasa kenyang dan membantu mengatur berat badan.  Oat sangat serbaguna dan juga pilihan sarapan yang mudah.
 
3. Kubis brussel dan brokoli

Sayuran sangat penting untuk makan makanan yang sehat, dan Grasso mengatakan bahwa kubis brussel dan brokoli adalah beberapa yang terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung.
 
“Sayuran hijau tua kaya akan serat larut, vitamin, dan mineral. Mereka kaya akan sterol / stanol, yang dikenal membantu menurunkan "kolesterol jahat," atau LDL,” katanya.
 
4. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang hebat. Anda dapat mengganti mentega, margarin, atau lemak susu dengan minyak zaitun, karena dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
 
5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan paling mudah untuk diolah. Kacang kaya akan mineral dan serat larut tanpa lemak jenuh yang ditemukan di beberapa protein hewani.
 
Pada akhirnya, makan makanan yang kaya serat dan lemak sehat, dikombinasikan dengan gaya hidup aktif dan sehat, adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Meskipun risiko Anda lebih tinggi ketika Anda mencapai usia 50 tahun, mengambil tindakan pencegahan seperti ini adalah investasi besar dalam kesehatan jangka panjang Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro