Jamu kunyit asam/Istimewa
Health

5 Resep Minuman Sehat, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Ithamar Yaomi DC
Kamis, 26 Agustus 2021 - 15:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Imunitas tubuh yang kuat bisa dibangun dengan  mengonsumsi minuman sehat saat pandemi, untuk membuat tubuh selalu bugar.

Mengutip dari news18.com, Kamis (26/8/2021), mengatur pola makan yang sehat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang memiliki sistem kekebalan yang lebih baik, kemungkinan akan mampu menangani infeksi dengan lebih baik.

Berikut lima minuman yang bisa meningkatkan imun dan bisa dibuat di rumah saja:

  1. Teh kunyit: 

Seperti namanya, minuman ini dibuat dari kunyit, madu, dan lemon. Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang mampu memodulasi sistem kekebalan tubuh dan sifat anti-inflamasi yang kuat dapat membantu dalam peradangan dan nyeri juga. Rebus kunyit dengan air selama 15-20 menit dan sajikan hangat dengan lemon dan madu secukupnya.

  1. Teh masala: 

Semua bahan dari teh masala ini mudah didapatkan di dapur Anda. Teh ini tidak hanya anti-mikroba dan anti-inflamasi tetapi juga kaya akan senyawa yang mencegah infeksi.

Fitonutrien yang ada dalam madu mentah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Rebus parutan jahe, kayu manis, merica, cengkeh, kapulaga dan daun tulsi dalam setengah cangkir air selama 30 menit. Tambahkan sedikit madu dan nikmati.

  1. Smoothie hijau: 

Smoothie hijau yang sehat dan lezat ini sangat cocok di musim panas. Minuman ini kaya akan Vitamin A, Vitamin C, asam folat dan antioksidan lain yang mampu mencegah peradangan dan membantu tubuh melawan infeksi.

Ambil beberapa bayam, mangga atau nanas, jus lemon, jahe yang baru dicincang, dan susu almond atau yoghurt dan campur semuanya dalam mixer. Sajikan dingin.

  1. Limun madu: 

Minuman lainnya yang mudah disiapkan tanpa kerumitan adalah limun madu, yang tidak hanya mengobati gejala sakit tenggorokan dan batuk, tetapi juga menjaga saluran pernapasan tetap terhidrasi dan melawan lendir ekstra.

Rebus hingga empat cangkir air dalam panci yang dalam dan tambahkan jahe parut, batang kayu manis satu inci, tiga siung bawang putih cincang, satu sendok teh jus mint dan jus lemon. Saat tercampur, dinginkan selama beberapa menit dan tambahkan madu dan minum hangat.

  1. Kadha: 

Kadha adalah minuman tradisional India, sering dikonsumsi sebagai chai atau teh dan dianggap efektif melawan batuk dan pilek dan flu musiman. Dibuat dengan ramuan dan rempah-rempah India, Kadha adalah penambah kekebalan alami dan dikatakan sebagai obat terbaik melawan demam dan sakit tenggorokan.

Minuman ini juga dapat menyembuhkan batuk dan sarat dengan antioksidan. Cara membuatnya adalah dengan merebus kemangi, cengkeh, kayu manis, jahe, biji karom, kunyit dan lada hitam. Anda juga bisa menambahkan madu atau jaggery untuk menambah rasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro