Softlens/dailymail
Health

Guys, Cek Kelebihan dan Kekurangan Softlens Sebelum Memakainya

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 30 Agustus 2021 - 15:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kacamata dan lensa kontak jadi dua opsi non-invasif yang umum untuk mengatasi masalah penglihatan.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi di sisi kosmetik, lensa kontak memiliki skor lebih baik daripada kacamata.

Dilansir dari indiaexpress, Senin (30/8/2021) Dr Vaibhev Mittal, dokter mata, yang juga berkonsultasi dengan Practo mengatakan kesalahan refraksi mata adalah salah satu masalah mata yang paling umum saat ini. Sekitar 30 persen orang di bawah usia 25 tahun memiliki satu atau bentuk lain dari kelainan refraksi.

“Bentuk umum dari kelainan refraksi adalah miopia, hipermetropia, dan astigmatisme,” katanya.

Agar penggunaan lensa kontak lebih aman, maka hindari mandi atau berenang saat memakai lensa kontak, indari tidur sambil memakai lensa kontak, bersihkan lensa kontak setelah digunakan dan letakkan di larutan yang tepat saat tidak digunakan. Dan jangan lupa untuk ganti lensa kontak secara berkala.

Di bawah ini adalah kelebihan lensa kontak:

1. Cosmesis

Keuntungan terbesar dari lensa kontak adalah penglihatan yang jelas dengan kosmetik yang luar biasa.

2. Gaya hidup aktif

Ada banyak kegiatan termasuk olahraga yang membatasi penggunaan kacamata. Lensa kontak membantu dalam mempertahankan gaya hidup aktif dengan berbagai aktivitas.

3. Penglihatan yang jernih

Kacamata mungkin tidak memberikan penglihatan yang jelas pada kelainan refraksi yang tinggi. Lensa kontak mencetak lebih dari kacamata, dengan ini memungkinkan pasien untuk memiliki penglihatan yang jernih bahkan dalam kesalahan refraksi yang tinggi.

Di bawah ini adalah keurangan lensa kontak:

1. Sulit memakainnya

Awalnya orang mungkin merasa sulit untuk memakainya, tetapi setelah terbiasa, memakai lensa kontak semudah menempelkan bindi di dahi.

2. Infeksi

Meskipun jarang, tetapi penggunaan lensa kontak dikaitkan dengan risiko infeksi yang serius. Ini biasanya terjadi jika perawatan yang tepat tidak dilakukan saat menggunakan lensa kontak. Jika suidah terjadi, mata membutuhkan perhatian medis yang mendesak.

3. Kekeringan

Lensa kontak biasanya memmbuat mata kering. Namun itu dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan obat tetes dan membatasi jam penggunaan lensa kontak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro