Ginjal sehat/boldsky.com
Health

7 Tanda Sakit Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan

Ayyubi Kholid Saifullah
Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ginjal adalah organ yang memiliki banyak fungsi, tapi juga sensifit akan penyakit. Jika Anda tidak berhati-hati dan menyebabkan penyakit komplikasi yang tidak dapat diubah dan bersifat progresif.

Hampir sebagian besar umat manusia hidup dengan penyakit ginjal dan banyak yang tidak menyadarinya.

Penyakit ginjal kronis umumnya terlihat pada orang yang memiliki hipertensi, diabetes atau memiliki riwayat keluarga penyakit ginjal. Faktor lain yang menempatkan Anda pada risiko termasuk menjadi lebih tua, memiliki berat badan lahir rendah, menggunakan obat-obatan tertentu untuk waktu yang lama, infeksi saluran kemih kronis, batu ginjal dan bahkan obesitas.

Tetapi ada tanda yang biasanya tidak diketahui oleh manusia, dilansir dari m.timesofindia.com tujuh tanda paling umum dari penyakit ginjal.

1. Masalah tidur

Kurang tidur adalah masalah umum pada orang yang menderita penyakit ginjal. Ketika ginjal Anda tidak menyaring dengan benar, racun cenderung tetap berada di dalam darah, bukannya meninggalkan tubuh melalui urin, yang berdampak pada tidur.

Sleep apnea umum terjadi pada orang yang menderita penyakit ginjal kronis dibandingkan dengan populasi umum.

2. Masalah Kulit

Jika Anda menghadapi masalah kulit, itu bisa menjadi indikasi penyakit ginjal. Kulit kering dan gatal dapat mengindikasikan penyakit mineral dan tulang, yang juga terkait dengan penyakit ginjal lanjut.

Ini terjadi ketika ginjal tidak dapat mencapai keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat dalam darah, yang menyebabkan kulit kering dan gatal.

3. Mata Bengkak

Penyakit ginjal dapat menyebabkan edema periorbital, yang dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar mata. Kondisi ini dapat berkembang pada satu atau kedua mata.

4. Kram Otot

Kram otot sering terjadi pada orang yang memiliki penyakit ginjal, disebabkan karena ketidakseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kram juga disebabkan oleh kerusakan saraf dan masalah aliran darah.

Kadar kalsium dan fosfor yang rendah dalam tubuh akan menyebabkan kram otot.

5. Pembengkakan

Jika terjadi pembengkakan pada kaki atau sekitar kaki, itu bisa menjadi tanda penyakit ginjal.

Kurangi asupan garam, dan cairan dalam makanan seperti sup dan yoghurt, untuk mengurangi pembengkakan.

6. Perubahan Buang Air Kecil

Ginjal membuat urin, jadi ketika ginjal Anda tidak bekerja dengan baik, urin bisa berubah. Sering buang air kecil bisa menjadi indikasi penyakit ginjal. Jika Anda buang air kecil lebih banyak di malam hari, itu juga bisa menjadi tanda penyakit ginjal.

Ini terjadi karena filter ginjal mungkin rusak, menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil.

7. Nafsu Makan Buruk

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, penurunan progresif laju filtrasi glomerulus pada pasien penyakit ginjal kronis dikaitkan dengan pengurangan asupan makanan yang signifikan. Nafsu makan yang buruk dan penurunan berat badan juga bisa menjadi tanda penyakit ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro